krakatoa

jumat kemaren hari spesial karena menjadi salah satu hari dalam rangkaian tour liburan seru. its no matter how busy you in office, but how to enjoy it. and i prefer to made a vacation cycle. yang ini combo spesial karena serasa reunian sama anak STAPA… ada nest yang jauh-jauh dari surabaya, ada geri yang jauh-jauh dari pondok safari (loh) ada bagas sugambreng jauh-jauh dari blok m.. ada a tom yang mau ke ostrali, ada becek yang sibuk penempatan, ada abi si kuncen salak.. komplit!! krakatoa menjadi pilihan selanjutnya setelah perjalanan ke tangkuban parahu, bandung lanjut bali, mampir solo, pulang jogja, dan sekarang ke lampuuungg!!! sebenernya gue kurang begitu paham krakatau ada dalam kota mana, antara lampung selatan dengan cilegon. but, thats no problem selama masih endonesa raya 😀

original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay

berangkat dari kali deres menuju merak. lanjut naik fery seharga tiket 11.500 rupiah. seharusnya mendapat fasilitas yang ekonomi banget. tapi beruntung kami dapet yang super eksekutif.. lucky us.. 😀

penyeberangan berlangsung tiga jam. turun di bakauheni lanjut carter angkt menuju pantai canti untuk menyeberang. dari bakauheuni ke canti memakan waktu kira-kira satu jam perjalanan.

penyeberangan dari canti kami naik perahu kecil berkapasitas 20-30 orang. it was a loooonng journey. menuju pulau sebesi untuk singgah sebentar ke penginapan di pulau sebesi sebelum melanjutkan untuk snorkeling.

original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay

snorkeling spot pertama adalah pulau sebuku kecil. pantai pasir putih bersih bertabur karang halus. tidak ada yang istimewa kecuali pantainya yang indah dan air laut yang biru kehijauan. tak kalah dengan phuket Thailand kalo liat di internet. karang kebanyakan mati dan ikan-ikan cuma sedikit. tapi mungkin karna thats my first snorkeling, i was sooo exited!! gue memutuskan ga bawa DSLR karna setelah perjalanan di bali yang bikin lengan gue sengklek. baru bawa 2 lensa udah rematik. akhirnya gue membawa 2 toycam untuk foto-foto,salah satunya adalah aquapix underwater camera. next time gue upload after dicuci filmnya. sampai saat ini filmnya masih belum sempet dicuci, jadi dokumentasi foto courtessy by bagas.

perjalanan lanjut ke spot kedua. yaitu ke kebon lebar. agak bingung ketika perahu menuju kembali ke pulau sebesi. eh ternyata belok dikit. dan eehhh.. kok berenti di tengah laut sih?? wah ngaco ini.. eeehhh kok ada yang nyebur?? seriusan snorkeling di tengah laut!! dan berawal dari rasa penasaran akhirnya nyebur juga lah gue. well, i cant see anything selain air laut yang gelanp. uhuhuhu.. perasaan mulai ga enak. ada trauma tersendiri masalah air. akhirnya setelah berenang sekitar 15 meter dari prahu, gue memutuskan untuk kembali ke prahu. pas ongkang-ongkang di atas prahu.. oh wait!! 2 anak dari rombongan teriak2 kalo pemandangan bawah laut sekitar 30 meter dari perahu indah banget!! dan, dengan sedikit berat hati karna antara bad feelin dengan penasaran, rasa penasaranlah yang menang. congratulation!! dan ternyata, VOILA!! just follow your heart is the real winner.. pemandangannya.. oh masyaAllaahhh.. ikah-ikan warna warni yang biasanya cuma bisa gue liat di tivi sama internet sekarang berkejaran di bawah kaki gue!! taman karang yang dulu gue cuma bisa mangap liat di selebrity on vacation, sekarang bisa gue pegang langsung.. Subhanallaahh…

original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay

perjalanan pun lanjut ke pulau umang. pulau umang adalah pulau kecil yang indh dekat dengan pulau sebesi berpasir putih dan berair sangat bening. seriusan. ini adalah the best spot i ever seen.. gue banyak menemukan patrick star disini dengan berbagai warna dan ukuran, mulai dari yang pink sampe yang biru keunguan, mulai dar yang diameter 10 cm sampe 30 cm.. awesome!!! karang-karang juga bisa langsung dinikmati tanpa harus snorkeling saking beningnya air. daaann gue takjub saat reiynhard, one of SPA’s member, menemukan timun laut!!! ya, teripang yang biasa gue liat di tipi. oh awkward guys,geli-geli basah deh. dan pas melanjutkan snorkeling, bisa menemukan teripang bertebaran di dasar air, dari yang seukuran jempol sampe lengan tangan.

original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay

we spent our last evening at Umang Island till sunset. tapi kita kurang beruntung karena ternyata awan menutupi matahari. akhirnya kita cuma main-main di pantai, dari mulai yang membuat piramide, tembok besar china, sampe yang bikin cap muka sendiri.. so awful bagas!!! 😀

kembali pulang ke penginapan di pulau Sebesi. hanya memakan waktu 15 menit dari Pulau Umang. mandi, makan, dan tidur. bersiap paginya mengejar sunrise di pulau Rakata.

Pagi, pukul 4 sebelum subuh. sudah bersiap di perahu dengan mata setengah terpejam. tak ada listrik, hanya mengandalkan cahaya dari headlamp energizer gue dan lampu himawari geri.

Perahu mulai berjalan, seiring mata terpejam setengah tidur. tiba-tiba terdengar riuh teriakan anak-anak di atas perahu. perahu turbulensi kalo bahasa pesawatnya. terombang-ambing ombak yang sedikit tidak bersahabat. langit sedikit gelap karena mendung dan matahari belum muncul. laut tampak hitam. gue ikutan teriak2 kegirangan karna serasa arung jeram dengan standing wave. but, itu tak berlangsung lama, setengah jam kemudian gue mulai mual dan kliengan. mulai tiduran dan pengin muntah. mulai nyari minyak gosok–> mulai nyari-nyari jaket.. huh mabok laut!!!

original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay

finally daratan!! oh God, darat is the best!! sampailah di Rakata Island!!! hm.. tidak ada yang menarik, pantai pasir hitam dengan sedikit berhutan di belakangnya. banyak pohon cemara yang sepertinya sengaja di tanam sebagai lokasi hutan lindung. selamat datang di  Cagar Alam Krakatau!!!

original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay

badan masih ga enak. waktunya sarapan. liat lauk makin ga enak, udah dari kemaren lauknya seafood muluuu… mana tahaann..  gue kan ga hobi sea food!! akhirnya, ga makan pagi. makin nelangsa.. after breakfast, lanjutlah mendaki gunung Krakatau purba..

pendakian kira-kira memakan waktu setengah jam.. kemiringan terjal. pasir yang padat sehabis guyuran ujan semalam. agak ngeri dan curam.. puncak sudah keliatan sejak dari bawah, menyembul dengan belerang putih laksana salju. nice!! pemandangan belakang tak kalah apik. pulau-pulau dikelilingi lautan biru cerah dan langit yang mulai bersahabat. Perfecto!! sedikit sayang kita agak terlambat, ga dapet sunrise disana.

original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay

usai mendaki dan sejenak istirahat, salah satu oenghuni cagar alam sedang kelaparan dan mengais-ais sampah sisa sarapan pengunjung. biawak sepanjang satu meter.

original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay

selesai bermain dengan ketinggian, kita kembali ke lautan.. menuju spot terakhir untuk snorkeling.. Legon Cabe.. tidak ada pantai, hanya di tepi pulau yang sedikit curam… airnya bening menunjukkan kehidupan di bawahnya… awalnya yang sudah tidak berkeinginan untuk turun ke laut lagi jadi berubah pikiran.. ini surga bung!!!

original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay
original posted by superduperlebay

then, time to go home… realy awesome holiday with awesome friends.. menjadi turis seturis-turisnya yang bikin rempong guide itu menyenangkan.. hehehe… sekali-sekali ga nge-bagpack.. banyak nuntut dan protes sana sini… kulit hitam gelap eksotis.. FUN!!

pictures: Bagas collection

Advertisements

2 thoughts on “krakatoa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s