jalan-jalan katrok

April kemaren, me and my bf akhirnya kesampaian berkunjung ke negeri seberang. Itung-itung mengobati kekecewaan batal jadi TKI-TKW, berwisata sok jadi orang tajir lah kami. Berbekal dengan tiket promo jakarta-sings yang (tentunya) bayarnya pun pake kartu kredit.. hahaha.. Kami berdua mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan. Mulai dari rempong hunting tiket, dibela2in bikin kartu kredit yang you-know-how-much-used-is-it, rempong bikin paspor tanpa calo biar murah, bikin itinerary sendirian, booking hostel, cari peta MRT, cari info hidup di singapur biar ga norak-norak amat, tempat belanja murah, tempat makan enak (dan murah), dan lain laaaiiinnn.

Kami beruntung dapet tiket 1.280.000 buat berdua PP jakarta-Singapore, air asia (pastinya). Catatan: pesen 1,5 bulan sebelum keberangkatan. Gw beruntung dapet promo kartu kredit free annual fee selama jadi pegawai kemenkeu. Gw beruntung proses apply kartu kredit cepat dan dapet bonus master card pula. Kami beruntung dapet info hostel murah dan strategis di daerah Bugis area. Kami beruntung dapet internet super cepat di kantor buat cari info :D. Dan masih banyak fortune yang kamu dapet sampe pas hari H.

Rencana jalan-jalan kami adalah Singapore-Melaka-Kuala Lumpur. Kami memilih hostel dengan isi berjamaah, share bersama para traveler lain. Itung-itung cari kenalan dan lebih ngirit.

daaan… inilaah diaa poto-poto narsis kamiihh.. taraktak dung tak!!

original posted by superduperlebay

delay sejam, menunggu di bandara.. so far dari mulai check in (lewat web sih) sampe pemeriksaan imigrasi lancar. Pengalaman katrok pertama adalah saat web check in, sepertinya pihak air asia sengaja membuat tempat duduk terpisah, kalo mau pindah seat, byar lagi sekitar 20 ribuan.. males banget kan.. terus kekatrokan kedua adalaaah.. jerengjeng.. ternyata di penerbangan internasional itu ga boleh bawa cairan lebih dari 100ml. Walhasil preparation kami yang menurut kami berdua well-prepare dengan membawa berbotol-botol aqua beserta isinya untuk mencegah dehidrasi selama di singapore, negri mahal air itu, jadinya semuah muah disitaaahhh.. aaakkk…

Dan perjalanan kali ini sponsored by deuter.. cieh sok kerens.. sebenernya itu semua adalah tas si doi yang berhasil dibeli atas bujuk rayu akyuh, dan dipinjamkan satu untukku tentunya. Ga tangung-tanggung, yang dipinjemin yang kerir berhubung woman’s equipment itu lebih belibet dan banyak.. tapi tapi.. tentu saja saya masih curang. barang bawaan saya yang terdiri dari beberapa potong baju-underwear-peralatan lenong-kamera-aneka charger-cemilan-pop mie (off course, kami siap untuk survival dengan berbungkus2 pop mie)-aksesoris-box itinerary-dan printilan printilan lainnyaahhh dibawa sama si doi selama perjalanan kami… HAHAHAHA

ohiya, kami berangkat hari minggu tanggal 15 april penerbangan (harusnya) jam 5 sore. Paginya kami baru rempong nyari money changer. Daannn.. baru sadar dong kalo hari minggu kebanyakan pada tutup.. jeger.. agak panik… dan alhamdulillah, kami mendapatkan rate terbaik di money changer … er.. lupa namanya… pokoknya yang di dalem toko buku gunung agung. Setelah nuker duit, kami berdua sempet bengong liat lembaran kertas yang menyusut drastis… Uang beberapa-juta-gue berubah menjadi beberapa ratus saja… betapa kejamnya dunia pertukaran uang…

Delay sejam dikompensasi dengan nasi i-dont-know-what.. penampakan rada-rada basi. Tapi karna laper tetep habis juga dengan kondisi seret karna ga ada minum T.T. And.. finally, kami boarding dan terbang menuju negri impian.. tsaaah..

Terbanglah kami…

Sampai bandara agak bingung dan… katrok pastinya.. naik skytrain yang gue pikir itu MRT.. tapi kok cuma mak crut, ternyata cuma antar terminal -___-. sampe terminal… err.. berapa ya.. lupa (oke gue parah banget pelupanya) beli EZ link seharga 12 dolar untuk satu kartu. dan segeralah kami menuju tanah merah untuk transit menuju bugis. Direction yang dikasi sama pihak feel@home, hostel tempat kami menginap, sangat jelas. Tinggal jalan kaki dari stasiun MRT sekitar 200 meteran. Deket banget sama mesjid Sultan. ini dia web-nya http://www.feelathome.com.sg/

original posted by superduperlebay

ini kondisi MRT yang sedikit penuh.. tapi tetep adem dan bersih..

hostel tempet menginap..

masjid Sultan…

semua foto diambil pagi harinya karna malamnya tepaaarrr. kebetulan di kamar kami ada 2 orang cewe taiwan yang sekolah di vietnam lagi backpaker juga (namanya lupa), trus 1 orang cowo vietnam unyu imut-imut yang kerja di malaysia namanya Han (kalo ganteng inget :D), dannn satu orang bapak-bapak dari trengganu malaysia. sampe sono gw langsung solat.. dan kau tau apa? gw jadi tontonan gratis dong. itu turis-turis pada ga pernah liat orang solat. Jadinya diliatin sambil cekikikan. Si doi yang banyak ngobrol sama orang-orang itu. Pede aja gitu ngomongnya campuran inggris-melayu-bahasa indo.

Dan servis di hostel itu okeh banget. Dikasi info lengkap, 24 jam nonstop pelayanan, ruangan dan kamar mandi bersih.. hanyaa sajaaahhh… bau dupa, karna yang punya orang india budis. Dan beruntungnya ada penjaga yang bisa bahasa melayu.. hehe.. Di sana kamar memang agak ga nyaman karna sempit, tapi wifinya kenceng (kayanya di Sings semua gitu) trus selalu dapet special breakfast. Karna waktu Sings itu sejam lebi cepet dari Indo, tapi kayanya terangnya sama kaya Jakarta. Jadi kalo orang jakarta mostly kerja jam 8, mereka jam 9, jadi sama saja. Jadi ceritanya pagi itu jam 7 kami uda siap untuk menjelajah, karna itinerary di sings cuma sehari tok. agak nyesel juga sih ga sempet ke USS. huhu… Akhirnya kami ga kebagian sarapan pagi di hostel. Walhasil dibikinkanlah kami makan siang, makanan khas india. Namanya upma lengkap bersama teh tarik home made :9. Rasanya.. Errr.. semacam tiwul gitu, tapi hambar dan serat sayuran. Sayurannya kol sama semacam green bean doang sih.. haha.. ini dia penampakannya..

original posted by superduperlebay

ini dinning room nya hostel.. free hot water.. hot water loh yaaa.. hahaha.. Dan ini dia foto-foto perjalanan kami yang mostly jalan kaki karna ternyata mana-mana dekeettttt… naik MRT cuma pas ke Chinna town sama Orchard aja..

Mungkin yang bikin Singapore itu bersih selain karna adanya denda, adalah sepanjang jalan, tepatnya di depan toko atau rumah, tersedia tempat sampah berukuran huge dan rajin diangkut tiap hari. Liat aja di gambar atas. Didepan toko-toko itu ada tempat sampah jumbo berwarna hijau tersusun rapih.

Chijmes dari luar tampak seperti gereja. Ternyata oh ternyata.. itu restoran 😐 Entah memang dulunya gereja trus alih fungsi atau gimana ga tau, gw ga sempet jalan-jalan pecicilan ke dalem.

original posted by superduperlebay

Civil Defence itu dalemnya (kayaknya) ada pemadam kebakaran dan (Sepertinya) kami foto di depan museumnya.. ahahha sotoy gue..

Fort Canning Hill Park Singapore

i love the building’s colour compotition

Clarke Quay dari Fort Canning Hill Park Singapore

wanna try this one?

Clarke Quay, Venice of Singapore

Merlion Park!

Kampong Glam

Little India

Chinatown!

Fyi, untuk belanja oleh-oleh, setelah survey ke Bugis, Little India, Mustafa Center, Lucky Plaza, dan Chinna town, kalau pernak pernik kaya magnet kulkas lebih baik di Chinatown, kaos di Bugis atau Chinnatown, Tas-tas/gadget di Lucky Plaza. Hehehe… Suntec kayanya juga murah kalo gadget, tapi ga sempet masuk.

daaan ini yang paling istimewa… Eskrim 1 dollar di depan Paragon Orchard Road.Ada rasa blueberry, coklat, alpukat, red bean, macem-macem.. enaaakk bangeeeettt… :9