Udah Putusin Aja

Judul Buku      : Udah Putusin Aja!
Penerbit           : Mizan
Penulis            : Felix Y. Siauw

Engkau ungkapkan cinta padahal itu D U S T A

Lisankan sayang padahal itu B O H O N G

Sebelum akad terucap, tak ada jaminan kata

Petikan kalimat di atas merupakan kalimat pembuka pada buku ‘Udah Putusin Aja!’ karya ustadz Felix Siauw. Felix Siauw punya cara yang unik untuk mendokumentasi dan menyebarkan dakwahnya. Ustadz yang dikenal melalui akun twitter @felixsiauw ini telah beberapa kali menerbitkan buku sebelum buku ‘Udah Putusin Aja!’ ini dirilis. Namun buku ini istimewa karena disajikan dengan sangat menarik. Dari covernya yang berwarna merah muda menyala, sangat mewakili bahwa buku ini ditujukan bagi para remaja, terutama bagi remaja putri. Akan tetapi jangan terburu-buru menghakimi bahwa buku ini ‘girl’s zone only’. Substansi buku ini sangat universal, baik tua-muda, pria-wanita. Bahkan untuk kalangan yang cenderung malas membaca, buku ini sangat recommended karena disajikan dengan visual yang apik sentuhan dari Emeralda Noor Achni.

Buku ‘Udah Putusin Aja!’ berawal dari keprihatinan Felix Siauw terhadap pergaulan remaja zaman sekarang yang cenderung bebas. Kekhawatiran yang semakin merebak dengan semakin banyaknya adab pergaulan terhadap lawan jenis yang salah jalan. Seperti yang sering ia celotehkan di account twitternya, bahwa dalam Islam tidak mengenal pacaran, baik itu pacaran yang main-main ataupun pacaran yang serius. Betapa bahayanya hal tersebut bagi para remaja yang kebanyakan masih berpikir pendek dan nekat.

Meskipun buku ini pada intinya berisi bahayanya pacaran, ataupun pergaulan bebas antara laki-laki dan perempuan, namun tidak bersifat kaku dan kolot. Ilustrasi dan gambar yang ditampilkan selain lucu, tapi juga mampu memberikan ‘treatment’ yang tepat bagi para remaja. Edukasi dan pesan yang disampaikan dengan bahasa anak muda yang mudah dipahami, perlahan namun pasti. Terkadang terdapat anekdot yang lucu namun cukup mengena. Dari pembahasan pertama saja pembaca disuguhkan dengan sebuah email dari seorang remaja putri kepada Felix Siauw menceritakan kisah nyata yang membuat kita mengelus dada.

Para orang tua yang memiliki anak remaja pun sangat wajib memiliki buku ini. Hal tersebut dikarenakan awal terbentuknya perilaku anak adalah dari kehidupan keluarganya dan orang tua memiliki peran sangat vital. Buku ini dapat menjadi pedoman yang bersifat preventif agar mental anak berkembang dengan baik dan sesuai dengan syariah Islam. Terkadang karena pengetahuan orang tua yang kurang dan terkadang salah kaprah, justru dapat mendatangkan kerugian bagi anak dan penyesalan bagi orang tua itu sendiri.

Nampaknya sekali terbit, buku ini mampu menyentil semua kalangan. Bagi wanita dan pria dewasa yang saat ini marak dengan istilah ‘galau’ pun tak luput dari pembahasan. Ditegaskan bahwa jodoh itu bukan untuk dikhawatirkan, namun dikejar dengan jalan memantaskan diri. Dimulai dari memantaskan diri di hadapan Allah dengan melakukan segala sesuatu yang diwajibkan oleh-Nya dan melaksanakan ibadah sunah. Selanjutnya perilaku dan sikap yang harus selalu dijaga, karna Allah telah berfirman bahwa hanya lelaki baik yang dapat menikahi wanita yang baik. Oleh karena itu, sebelum mendapat jodoh yang baik, maka diri kita yang pertama kali harus diperbaiki.

Nah, menarik sekali bukan? Tunggu apa lagi? Buku ini mendapat predikat sangat pantas untuk dijadikan ‘investasi’ dan diberi peringkat 4,5 dari nilai sempurna 5. Jaga kehormatanmu, Raih kemuliaanmu!

~submitted to Media Kekayaan Negara~

Advertisements

4 thoughts on “Udah Putusin Aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s