adukASI Prenatal

Hari Sabtu minggu lalu saya berkesempatan untuk mengikuti pelatihan edukASI dari AIMI. Informasi pelatihan ini saya peroleh dari teman saya, Inez. Tanpa pikir panjang saya langsung mendaftar 3 sesi, yaitu untuk prenatal, postnatal, dan tantangan dan hambatan saat menyusui. Sebenarnya sudah banyak buku dan informasi yang dapat kita peroleh melaui internet tentang ASI ini. Tapi saya berkeyakinan bahwa kalau datang langsung, pasti ilmunya lebih nempel, maklum saya termasuk short term memory, dan akan sangat terbantu dengan penjelasan langsung dari ahlinya.

Biayanya berapa sih? Untuk 3 paket pertemuan adalah Rp375.000/orang, kalau ambil prenatal dan postnatal saja jadi Rp230.000/orang, sedangkan kalau mau ambil satu paket saja juga bisa, hanya membayar Rp135.000/orang. Jika mau bawa pasangan, ibu, bapak, tetangga, pak RT, tinggal dikali berapa orang yang ikut biayanya. Kalau anggota AIMI, tentu ada diskonnya. Info lebih lengkapnya dapat diperoleh di sini. Untuk ukuran biaya memang relatif lebih mahal ya dibanding dengan seminar-seminar ASI pada umumnya yang biasanya dibandrol sekitar Rp50.000-Rp100.000. Tapi kembali lagi saya berkeyakinan bahwa ilmu itu memang mahal.. eaaahhh.. Semoga biaya yang lebih mahal ini bukan karena nama besar AIMI ya.. hehehe..

Akhirnya pagi hari pukul 7.15 saya berangkat dari rumah di Bogor karena malamnya saya menginap untuk memberi gaji tukang yang mau pulang kampung. Saya memang sedang renovasi rumah biar langsung bisa ditinggali setelah cuti nanti. Amin.. mohon doanya yaa.. Naik kereta dan turun di stasiun Tanjung Barat kemudian naik taksi menuju Sekolah Cikal.

Saya agak terlambat, reminder dari AIMI menjadwalkan bahwa acara akan dimulai pada pukul 8.30. Saya tiba di Sekolah Cikal ketika jam tangan menunjukkan pukul 8.50. Saya agak tergesa sambil berlari-lari kecil, menuju bapak satpam yang duduk manis menunggu di meja. Melihat tanda perut buncit yang sudah pasti adalah peserta seminar asi, bapak itu dengan sigap memberikan name tag tamu dan menunjukkan lokasi tempat seminar dilaksanakan.

Sekolah Cikal ternyata adalah semacam preschool dan TK (nebak doing sih). Play groundnya komplit dengan aneka mainan yang seru-seru. Ada trampolin, ruangan indoor khusus mandi bola, perosotan dll. Nah kan, malah salah fokus ini. Akhirnya saya sampai di lokasi tempat seminat ASI akan diselenggarakan. Saat itu sudah ramai. Sudah dapat dipastikan bahwa pesertanya hampir semua ibu hamil, yang ga hamil ya suaminya hihi. Begitu masuk saya langsung disambut dengan beberapa ibu-ibu yang langsung menyodorkan poling kepada saya. Masih belum tune in saya baca-baca itu poling, ternyata poling dari bumi putera. Saya isi saja sekenanya, karna memang ga terlalu ngerti. Tapi saya sudah menebak kalau ini pasti salah satu sponsor dan pasti akan ada buntutnya nanti (emak-emak skeptis).

Selepasnya saya isi poling yang berasa kayak ujian karna ditungguin dan “didikte” sama penjaganya, saya dikasih goodie bag oleh pihak AIMI. Goodie bagnya lumayan berat loh ibu-ibu. Saya aja sampe deg-deg an nebak-nebak isinya (lebay). Siapa tau dikasih breast pump (ya keleuuusss..). Dan ternyata berat itu dikarenakan oleh air mineral 600 ml, oke fix. Daaaann apa saja isi dari goodie bag itu, ini nih.. *sori males edit foto

IMG_1128

  1. goodie bag biru dengan tulisan bka (botol kaca asi) breastfeeding Mother’s Solution
  2. 3 botol bka (horeee lumayan, baru kemarin beli di ITC Cempaka Mas, bka isi 8 botol harganya 45 ribu)
  3. sepasang disposable breast pad Mama Pad
  4. tempelan jerawat dari nexcare
  5. plester luka dari nexcare
  6. notes + pulpen
  7. beberapa brosur
  8. cd materi
  9. majalah Ayah Bunda Edisi Maret (yang udah ga ada bonusnya, ngarep.com)
  10. Snack berisi 4 kueh enak-enak (tapi kurang banyak, hahahah maruk)

Lumayan kan yaa … Akhirnya acara dimulai pukul 9.00. Diawali dengan kenalan oleh “mentor” yang bakal  kasih materi ke kita. Mentor kita saat itu ada 2 orang, namanya Mbak Memey yang berbadan subur, berjilbab, dan terlihat menyenangkan. Satunya lagi Mbak siapa ya lupa, beranak tiga namun berbadan layaknya masih gadis (KZL) dan berambut pelontos. Sebelum materi dimulai masing-masing peserta diperkenankan untuk kenalan. Satu kelas, yang merupakan kelas anak TK yang disulap jadi ruang rapat, berisi sekitar 18-20 orang. Kebanyakan membawa pasangan. Jangan Tanya, saya sudah pasti menjadi emak-emak kesepian karna jauh dari suami T.T.

IMG_1095 IMG_1093

Akhirnya dimulailah penyampaian materi oleh Mbak Memey. Materinya dismapaikan dengan sangat enak dan mudah dimengerti oleh orang awam. Materinya apa aja, bisa japri ya yang mau, nanti dikirim via email (insyaAllah). Di sela-sela materi, sesekali juga diputar video, seperti video IMD, IMD sectio dll.

IMG_1097

Namun, saat penyampaian materi oleh mbak-mbak yang saya lupa namanya, bertubuh ramping ala gadis itu, tidak terlalu oke karna si mbak cenderung baca slide aja dan tidak terlalu menguasai materi (entah memang bawaannya gitu kali ya). Atau karna mungkin kurang atraktif, jadi awkward, dan ngantuk hahaha. Jujur saya ngantuk bangett pas sesi-sesi terakhir karena semalam memang hanya tidur satu jam akibat nyamuukk T.T. Sayang banget kaann.. tapi tetep dikit-dikit nyantol kok.

Dan seperti dugaan saya sebelumnya, bahwa si bumi putera dan bka ambil bagian untuk presentasi. Bumi putera sih cenderung ke asuransi pendidikan untuk anak. Tapi untuk sementara saya belum tertarik. Nah untuk bka justru tidak promosi botol kaca, namun aplikasi untuk penyimpanan asi. Cukup membantu sih, apalagi gratis. Tapi untuk ibu-ibu yang ga telaten mantengin aplikasi, saya kurang cocok juga (pemalaasss).

Untuk sesi pertama ini bisa dibilang cukup memuaskan lah. Penyampaian materi yang agak ga “kena” saya maafkan karena saya asumsikan kondisi tubuh saya yang terlalu lelah saat itu. Untuk pertemuan selanjutnya akan dilaksanakan 2 minggu kemudian yaitu tanggal 30 Agustus. Semoga akan lebih banyak ilmu yang bisa diserap dan bermanfaat. Aminnn.. Semangaatt!!

Advertisements

One thought on “adukASI Prenatal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s