edukASI Postnatal dan Hambatan Saat Menyusui

akhirnya hari Sabtu tanggal 13 September kemarin merupakan sesi terakhir dari serangkaian kursus yang diadakan oleh AIMI. sebelumnya telah dilaksanakan materi postnatal ASI yang merupakan lanjutan dari Prenatal ASI pada tanggal 30 Agustus 2014.

POSTNATAL ASI

pagi itu saya berangkat dari kantor pukul 8 pagi. Kenapa dari kantor? karena saya titip motor di kantor. Kenapa naik motor? karena bumil ini lebih percaya dengan kemampuan naik motornya dibanding tukang ojek atau tukang bajaj hihi. ya, saya sepertinya menikmati saat-saat naik motor nyelip-nyelip meski itu di jakarta yang aduhai trafficnya (rada ga normal ya). Akhirnya saya naik kopaja 20 AC dan langsung diberi tempat duduk oleh bapak-bapak baik hati dan gemar menolong. Sampai di perempatan sebelum masuk tol, kan P 20 masuk tol cilandak ya.. saya naik ojek (pas ga nemu takseeii) dan turun di sekolah cikal.. fufu.. akhirnyaaaa…

Tak menunggu terlalu lama, acara langsung dimulai. Seperti pertemuan saat prenatal, peserta absen dan diberi goodie bag yang kurang lebih isinya sama. hanya saja botol kaca asi yang sebelumnya dapet 3 buah, sekarang cuma dapet 2. tapi dispossable breast padnya yang sebelumnya cuma dapet 1, jadi dapet 2. Dan yaang pentiiing, kue di snacknya bertambah satu (lhaaa penting banget iniii, secara ibu hamil maunya ngunyah muluu).

Acara kali ini dipandu oleh Mbak Sesi dan Mbak Evie. Mbak Sesi ini mukanya jutek sih, tapi ternyata seru pas jelasin. Begitu juga Mbak Evi yang berbodi subur ginuk-ginuk menggemaskan, seru bangeeettt sharing-sharingnya. Kali ini saya (hampir) ga tidur. Karna selain 2 mentor AIMI nya seru, materinya pun banyak yang belum pernah saya dapet dari internet. Materinya antara lain yang bagus banget itu tentang “pup” bayi (ahahahah fenomenal ya book, tapi ternyata penting bingiiiiit buat mom to be loh), terus jaundice, pijet laktasi (senyum licik ke suami), daaan tentang persiapan ASI sebelum kembali bekerja. Menurut saya materi terakhir itu bener2 memberi gambaran saya nanti kalau harus kembali bekerja. Tips-tips memerah ASI sampai hari apa sebaiknya berangkat kerja pertama kali supaya menghindari stres pada ibu baru (hihi). Selain itu, di Aimi ternyata ada bagian advokasi nya loh. jadi untuk working mom yang kantornya masih ndeso ga ada pumping room, atau bahkan punya atasan yang gengges sama pumping mom, boleh banget tuh dilaporin ke advokasinya AIMI (provokator hehe). Oh iya.. seperti biasa yaa.. yang mau materinya bisa jafrriiii ke sayaaa…

Kursus hari itu tergolong lebih cepat selesai. Pukul 12 saya sudah duduk manis di taksi menuju Citos hahaha. Saya janjian sama temen SMA cuma sekedar cipika cipiki dan gosip-gosip dikit (tetep ye ujung-ujungnya) karna minggu depannya mau reunian (lhaah.. apa hubungannya coba). selesai itu saya masih putar-putar ke ace hardware pejaten mau cari coolerbag igloo, yang ternyata yang ada cuma yang dual compartment, daaan guedeeee bangettttt yaaa… ternyata baru baca besoknya kalo bisa muat sampe 26 botol kaca. ya ga gitu juga kali nanti merah di kantor segitu banyak :p.

HAMBATAN DAN TANTANGAN MENYUSUI

Daann.. akhirnya sesi terakhir dari rangkaian kursus ASI nih. Kali ini saya berangkat dianter suami tercinta (alhamdulillah ya Allah.. *sujud sukur *cium bendera). Tapi sayangnya dia ga mau didaftarin skalian buat ikutan kursus. Tapi insyaAllah siap ya jadi papa ASI nantinya, amiinnn.. Tiapp dijelasin ini itu (kayaknya) interest kok hahaha (apa karna biar ga disemprot istri ya hihi). Kali ini yang jadi mentor Mbak Sesi lagi dan Mbak Memey lagiii.. Hore.. favorit banget deh mbak Memey nih, soalnya dia kayaknya ngertiiii banget masalah2 case2 tentang ibu menyusui. Yaeyalahh.. doi kan konselor AIMI. Dan ternyata Mbak Sesi dan Mbak Memey ini menyusui anaknya sampe umur 3,5 taun.. Keren banget kannnnn…

Dalam pertemuan kali ini ada beberapa materi yang disampaikan terkait hambatan dan tantangaan apa aja yang mungkin akan dihadapi ibu saat menyusui nanti, antara lain masalah puting, menolak menyusu, terus “penyakit” saat menyusui. kenapa penyakit saya kasih tanda petik? karna ini bukan bener-bener penyakit, seperti mestitis, abses, atau candida. hal-hal tersebut disebabkan oleh tersumbatnya aliran ASI dan jamur karna (biasanya) oversupply ASI. Agak ngilu-ngilu sih ya, apalagi diliatin videonya. Tapi bagus banget materinya, jadi tahu pencegahannya dan penanggulangannya.

Dalam seminar-seminar kayak gini seru banget karna kita bisa ketemu bumil-bumil dan pakmil yang bisanya usia kandungan 11-12 sama kita. jadi bisa sambil cerita-cerita. Bahkan ada yang udah punya anak 4 taun masih semangat loh ikutan beginian.

Akhirnya selesai juga acara ini pukul 13.15, dalam artian bojoku nunggu selama 4 jam lebih T.T *elus-elus suami *sensor. Akhirnya karna belum solat dhuhur, kamui memutuskan untuk solat di Pejaten Village, sekalian nostalgia jaman pacaran *cieeee jauh amaat yeee pacarannyaaaa. Sebelum sampai mushola, eeh mata ini nemu aja doong penampakan cronutt.. Maklum bumil ini craving for cronut berminggu-minggu lamanya. Ternyata di Breadlife ada cronut sodaraahhhh *elap ingus. Suami tentu saja ngiler, doi kan kalo masalah makanan baru selalu pinginan *kasian ya sayang di aceh ga ada cronut. Abis itu masih sempet beli tahu gejrot ajaa. ini mau solat banyak bener yeee godaannya. tapi saya ga tega ngelarang suami, karna dari pagi belum sarapan *istri macam apa kamu rriaaannnnn.

Setelah duhur pun kita tetep semangat jalan-jalan. Makan siang. Daaan mengunjungi counter2 baby. Dan sudah dapat diduga bahwa kita sebagai pasangan impulsif akan belanja dengan membabi buta. Ga juga siihhh.. kita cuma dapet setelan jaket+training converse di Kids station (lagi diskon cyiin, makanya ga pake mikir langsung beli) skalian beliin si Ranu buat kembaran. Terus mampir di Payless rencana mau beli sepatu buat sendiri, malah dapetnya boot newborn sesame street yang lucuuu bingiit (dann diskon pastinya). Geser dikit ke Heritage, tetep yang dituju langsung ke baby apparel. Suami pun kalo masalah belanja dia semangat banget -__-. Ini pun lagi-lagi dapet diskonan yang merk runscootyrun, dapetlah 2 jaket super lucuuu. Maap ya nak, semua diskonan, tapi tetep kece kok, dan ga murah-murah amat *atm tetep jebol.

Setelahnya, ternyata sudah jam 4 lebih *appaahhh. Lanjut ashar dan segera pulang karna gemporrr sodaraahhh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s