Memilih Forum dan Sortir Informasi

TUM

Bersyukurlah kita hidup di era internet, dimana berbagai informasi dapat kita peroleh dengan mudah dan murah. Cukup dengan ketik keywords yang kita mau di search engine, dan voila!! Berbagai referensi tersedia. Gw juga termasuk orang yang sangat depend on search engine ini, sebut saja google ya hehe. Apaaa aja bisa gw google. Mulai dari yang memang gw butuh informasinya, sampe yang iseng karna ga sengaja nemu. Semuamua di googling.

Nah, untuk kali ini, sebagai perempuan yang baru pertama kali hamil, pasti perlu banyak sekali informasi. Informasi bisa saja saya dapatkan dari Ibuk, Ibu mertua, atau teman kantor yang sudah berpengalaman. Sudah sering sih tiap kali bertemu teman tanya ini itu, termasuk salah satu nya memilih dokter SPOG. Tapi terkadang masih ada pertanyaan-pertanyaan tercecer sedangkan badan malas untuk melangkah atau mengetik sms hahaha. Jadilah gw googling-googling ini.

Tapi ternyata informasi yang ada di internet itu beraneka ya. Dari yang informatif sekali, sampe yang kesannya menggurui hahaha. Apalagi yang bentuknya forum. Namanya pendapat orang, pasti berdasarkan pengalaman masing-masing yang cenderung bersifat unique. Nah, apalagi kalau forum itu forum Ibu-ibu. Duh, gw sering geleng-geleng deh ya. Tapi ya apa daya, namanya juga inangnya hormon estrogen, suka sering panik-panik dan sotoy-sotoy ga jelas gitu hahaha (ngacung). Gw sendiri pernah terjebak di informasi yang bukannya bikin gw paham, tapi malah panik. Seperti misalnya pas awal-awal nikah, karena memang sudah diniatin untuk tidak menunda momongan, maka gw suka excited mencari informasi tanda-tanda kehamilan. Nah di beberapa forum ibu-ibu itu, banyaak sekali yang ternyata kepo kayak gw. Cuma banyak yang lebay dan reply info yang diberikan juga suka ngaco. Misalnya saja, untuk dapat segera punya momongan, dokter justru menyarankan untuk tidak tiap hari berhubungan karena kualitas sperma malah menurun. Tapi ada di forum ibu-ibu yang memberi saran agar “kejar setoran aja bund, aku dulu juga gitu..” Zzzz… ilmu darimana.. Meskipun wallahualam ya, rejeki Allah yang ngatur, tapi kalo tanpa dasar ilmu gitu kan justru menyesatkan.

Akhirnya beberapa saat setelah gw divonis positif hamil, gw berusaha mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan sebagai mom to be di internet. Tentunya kali ini gw jadi lebih selektif. Gw cenderung mencari informasi dari artikel-artikel yang memang ditulis oleh ahlinya. Sampai suatu ketika, ketemulah gw dengan forum The Urban Mama. Baca-baca sedikit artikelnya, berlanjut ke forum, dan kemudian mulai sreg. Forum ini sangaat membantu gw untuk memperoleh informasi seputar kehamilan. Terlebih lagi, bagi ibu-ibu yang pengen heits as an urban mom, anda berada di forum yang tepat! hehe.. Lalu apa saja kelebihan forum ini dibanding dengan forum lain (ini hanya pendapat pribadi, tanpa bermaksud menjelek-jelekkan forum ibu-ibu yang lain)

1. Feature di web The Urban Mama sangat well designed dan user friendly. Semua terbagi-bagi dalam storage yang rapih disesuaikan dengan topik dan jenis tulisan. Pada bagian kanan terdapat short cut untuk recent update yang ditulis anggota forum sehingga memudahkan kita untuk langsung melihat “whats news”.

2. Admin yang disiplin. Ini menurut gw penting banget ya. Admin The Urban Mama (yang gw ga tau siapa aja, selama ini gw judge founder mama is an admin) sangat disiplin dan konsisten. Usia The Urban Mama sendiri sudah (hampir) 5 tahun, namun komitmen untuk menyaring informasi menjaga forum tetap rapih tetap konsisten *thumbsup! Hal tersebut dapat menghindarkan adanya bias informasi, mendidik para mama untuk tetap stick to the rule, ga ada lagi mama yang ‘sok’ merasa paling bener, dsb..dsb.. Oleh karena itu, mungkin info yang gw peroleh dari forum ini cenderung “enak” dicerna.

3. Para anggota The Urban Mama are well educated (insyaAllah). Jadi selama gw baca-baca, hampir tidak ada yang menggurui. Semuanya sama-sama belajar. Bahkan foundernya pun asik asik ya, masih mau belajar ini dan itu, jadi ga ngerasa paling oke. Kalaupun ada informasi yang tidak tau jawabannya, kebanyakan akan menyarankan untuk bertanya lebih lanjut kepada ahlinya, bukan justru memberikan saran yang tidak ada dasar ilmunya.

4. Topik di The Urban MAma sangaat beragam, namun webnya ga bikin puyeng (kaitannya sama nomer 1). Gw seneng banget semua terbagi-bagi dengan rapih. Semua terbagi-bagi sesuai dengan kebutuhan. Artikel, breastfeeding, parenting, bahkan forum ini tidak hanya menyediakan informasi tentang ibu dan anak, namun juga tentang ‘masalah’ hidup berumah tangga, seperti finansial, olah raga, dll. Enaknya lagi, ada ‘ahli’ yang memang diberi space untuk tanya jawab dengan para anggotanya. Yang paling gw suka tentu sajaa forum Flea Market ya haha, gw punya cerita sendiri untuk flea di TUM ini, nanti akan diceritakan kemudian.

5. Bounding (ceile bahasanya) para anggotanya sangat kuat. TUM sering sekali mengadakan meet up. Ada meet up secara keseluruhan, per ‘topik’ seperti running date, atau BC (Birth Club) yaitu bagi mama mama yang kelahiran anaknya pada bulan yang sama. Seru kaaan. Jadi selain bisa brainstorming di dunia maya, dapat juga menjalin silaturahmi di dunia nyata hehe.

6. TUM rajin membuat kontes kontes dan ada hadiahnya loh.. Misalnya saja yang saat ini masih berjalan adalah TUMBirthClub MyBFF Club. Beberapa saat lalu juga ada kontes ‘jari ungu’ dengan menunjukkan jari yang telah dicelup pada tinta ungu setelah nyoblos hihi.

Nah, itu tuh yang bikin gw betah tiap hari mantengin web TUM. Mungkin masih banyak lagi, nanti diupdate deh kalo ada lagi ehehe. Ini postingan tak berbayar kok, ciyus. Ini sebagai ungkapan terimakasih karena selama ini gw telah memperoleh banyak info berguna dari TUM. Thanks soo much ya The Urban Mama…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s