Make Your Own Sensory Play

Ide ini tentu saja bukan murni tuing tuing dari pikiran saya. Aku mah apaa atuh, bisanya plagiat sinisanasinu. Ide ini muncul sejak bergabung dalam forum Indonesia Montessori. Sempat semangat di awal-awal ikutan chalengesnya. Baru 3 hari udah mlempem. Shame on you, Rian! Tapi banyak sekali ilmu yang bisa saya dapat disini tentang pembelajaran berbasis metode montessori pada anak.

Apa itu metode montessori? Metode Montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20. Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah. Ciri dari metode ini adalah penekanan pada aktivitas pengarahan diri pada anak dan pengamatan klinis dari guru (sering disebut “direktur” atau “pembimbing”). Metode ini menekankan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangannya, dan peran aktivitas fisik dalam menyerap konsep akademis dan keterampilan praktik. Ciri lainnya adalah adanya penggunaan peralatan otodidak (koreksi diri) untuk memperkenalkan berbagai konsep. ~wikipedia

Nah, dari situ saya memperoleh ilmu untuk membuat permainan untuk sensory play pada anak. Karena Keenan masih under 1 yo waktu itu, permainan yang pernah saya buat adalah flubby jelly, edible playdough, dan edible paint. Cara membuatnya pun sangat mudah karena menggunakan bahan-bahan yang banyak tersedia di rumah.

  1. Flubby jelly

photo 1 (2)

Bahan:

~ agar-agar putih

~ pewarna makanan

~ air

Cara membuat:

Sama seperti membuat agar-agar. Campur agar-agar dan pewarna, tuang air kemudian rebus. setelah singin, masukkan dalam kulkas selama 10-15 menit. Tekstur flubby jelly ini chewy dan tidak terlalu kaku/keras.

photo 2 (1)

2. edible playdough

DSC01436

Bahan:

~ tepung terigu

~ garam

~ minyak goreng

~ pewarna makanan

~ air mendidih

Cara membuat:

Campurkan semua bahan, buat adonan menjadi kalis, jangan terlalu lembek. Pastikan air mendidih karena saya pernah mencoba dengan air panas ternyata jadi lengket. Pemberian pewarna makanan sebaiknya diberikan sebelum air panas dituangkan. Jika ingin adonan awet dan dapat digunakan lagi untuk waktu yang cukup lama,tambahkan cream of tar tar. Jika ragu kehalalan cream of tar tar ini dapat menggunakan perasan jeruk nipis.

DSC01450

 

3. edible paint

photo 4

Bahan:

~ tepung terigu

~ pewarna makanan

~ air

Cara membuat:

Campurkan semua bahan, tekstur bahan encer. Siapkan kertas. Dan selamat berkreasi 🙂

photo 5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s