Euforia Harbolnas

fcb1e5bd9430e46659f78acf0a57ffd7

picture courtesy by Google.com

Harbolnas, atau Hari Belanja Online Nasional di Indonesia serentak dilaksanakan setiap tanggal 12 Desember. Hayooo siapa yang ikutan hebring Harbolnas??!! *ngacung *nunjuk dompet sambil meringis. Harbolnas ini sendiri pertama kali dilaksanakan pada tahun 2012 dan diselenggarakan oleh 2 online shop besar di Indonesia, yaitu Lazada dan Zalora. Tujuan dari Harbolnas ini adalah untuk memajukan bisnis online di Indonesia, dimana banyak sekali online shop di Indonesia yang memberikan diskon besar-besaran atau voucher untuk berbelanja. Menarik kaaaan Ibu-Ibu.. Syentuh syajaahhh!!

Nah, promosi Harbolnas ini juga ga main-main loh. Bagi yang sudah download apliaksi belanja online seperti Lazada, Happyfresh, Gojek, sering memberikan notifikasi goes to 12.12 ini. Bahkan beberapa telah bekerja sama dengan operator telekomunikasi dengan program tukar poin. Diskon yang diberikan pun beragam, mulai dari voucher belanja, sampai diskon puluhan persen. Bisa kebayang kan hebringnyaaa..

Nah, pasti banyak dari kalian yang ikut euforia belanja murah penuh diskon ramai voucher ini kaan. Kalau saya sendiri gimana? Ya syudah pastinjaaa doong maaak *mamak gatel pemburu voucher*. Harbolnas tahun ini, saya termasuk yang gila! Iya, GILA! Nggilani bahkan. Kenapa nggilani, karena dipikir-pikir, justru belanjaan saya out of budget dari bulan-bulan sebelumnya. Nah, tapi lebihnya ini bisa jadi menguntungkan di bulan-bulan berikutnya, oleh karena itu kita harus tricky supaya ga keblinger.

Ini ada beberapa tips *yaelah macem financial advisor aja ya* :

  1. Sebelum hari H Harbolnas, ada baiknya kita tahu list online shop apa saja yang ikutan. Beneran loh, karena pas hari H lieur euy, apalagi join di grup yang impulsive banget kasih bocoran voucher, jadi kayak kebakaran jenggot. Zzzz.
  2. Pastikan kebutuhan apa saja yang benar-benar diperlukan. Misalnya saya, ibu gendut yang memiliki anak satu tahun yang tiap hari menghabiskan 4-5 diapers. Sudah pasti saya ngincer shop yang jualan popok dengan harga diskonan, kalau bisa gratis. IYA GRATIS! Untuk kali ini saya memilih BILNA, karena ngasih voucher belanja 120k diskon 120k. Ahey!
  3. Jika anda adalah ibu teladan, sudah pasti akan berbelanja kebutuhan habis pakai alias belanja bulanan. Ya, saya menjadi penimbun barang-barang kelontongan. Mungkin sampai Februari mendatang saya ga bakal belanja bulanan, semoga *kecuali kalau lagi pengen ngadem, di depan freezer daging. Untuk barang-brang macem sabun, shampoo, detergen, pewangi, beras, insyaAllah ga mubadzir. Kecuali belinya yang kadaluarsa. Ini rekomen belanjanya di Happyfresh. Pilih store yang emang udah dari sananya harganya miring, plus diskon plus gratis ongkir. HAPPY.
  4. Siapkan fisik untuk begadang. Karena diskonan dan voucher ini sifatnya limited dan cepet-cepetan, maka persiapkan fisik dan jempol anda untuk sesegera mungkin memasukkan barang-barang yang diperlukan ke dalam chart, lebih baik lagi hari sebelumnya udah milih barang apa saja yang bakal di beli, sudah dimasukkan chart, tinggal urusan payment, masukkan vouchers, beres.
  5. Siapkan juga operator hp yang wuuzzz wuzzz bablassss. Karena berurusan dengan internet lemot, menyesal dikemudian hari.
  6. Untuk beberapa store mensyaratkan harus ada minimal belanja baru dapat diskon. Kalau udah gini, para wanita langsung disorientasi, langsung barang-barang dari planet Jakku juga bakal dibeli. Bisa jadi Millenium Falcon pun dibabat, entah gunanya buat apa, bahkan kepikiran sebelumnya pun enggak. Ada loh temen yang saking hebringnya biar dapet diskonan, biat beli keju 1 pcs ukuran 160-an gram, dapetnya yang 2 kilo. IYA DUA KILO. Ga tau deh emang ga sengaja atau emang ada niat mau jual martabak. Jadi pastikan kebutuhan Anda, kalau memang belum memenuhi minimum belanja, ada baiknya tawarkan dengan teman, join belanja. Sama-sama enak. Belanja sesuai kebutuhan, dan tetap dapat diskon.

Lalu saya belanja apa saja di Harbolnas kali ini. Buanyak! Untung akhir tahun banyak bonus masuk *ahey! Tapi langsung ludes *baru keinget belum bayar asuransi dan kartu kredit *meringis miris. Harbolnas memang menggoda, namun alangkah lebih baik jika kita tetap bijak dalam berbelanja *tssaahh.

Happy shopping!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s