Berbelanja Cerdas ala Bilna

Saya adalah termasuk orang yang keranjingan onlineshop. Bisa setiap minggu minimal satu kali kurir ekspedisi pasti mencari “Ibu Rian Lantai 12 Utara” yang sudah pasti itu adalah saya. Haha. Berbagai macam onlineshop mulai dari yang kicik-kicik di olx, instagram, sampai yang besar sekelas Zalora, Amazon, sudah pernah saya coba (ya belum semua sih). Kenapa postingan tentang belanja di Bilna.com ini saya bikin thread sendiri? Ya, karena saya sangat puas dan rasa-rasanya di onlineshop itulah saya reorder paling banyak. Hari ini tanggal 22 Januari 2016 adalah tepat satu tahun saya pertama kali placed order si Bilna dan hari ini baru saja barang saya diantar kurir dengan COD yang merupakan pesanan saya yang ke-11 di situs ini. Iya, sebelas. Mungkin masih banyak ibu-ibu-gila-belanja yang jumlah ordernya selama satu tahun lebih banyak dari saya, tapi bagi saya, ini tekor rekor.

Puas? Letak kepuasan setiap orang memang relatif, tapi kepuasan saya dengan Bilna.com ini jatuh pada strategi Bilna memberikan voucher diskon berbelanja. Ibu-ibu mana coba yang bisa menolak dikasih diskon belanja?! Namanya wanita, harga 1 juta tapi diskon 50% lebih menarik dibanding dengan yang memang sudah dibandrol dengan harga 500 ribu, padahal barangnya sama. Ya kaaan??! Ya kaaan!!!

Nah, bagaimana cara kita memperoleh informasi kode vouchernya? Ini nih yang bikin asik. Karena Bilna sendiri tidak meng-announce kode voucher di webnya, kita harus aktif mencari info voucher diskonan, antara lain dengan:

  1. Biasanya Bilna akan bekerjasama dengana artis yang sedang memiliki baby, katakanlah Diana Rikasari, Ayu Dewi, Alyssa Soebandono dll dengan memberikan voucher potongan belanja. Biasanya para artis ini akan memposting kode voucher di instagram mereka. Ingat ya, voucher ini biasanya ada batas waktunya, rata-rata sebulan, jadi sering-seringlah buka instagram, siapa tau artis yang kalian follow kasih kode voucher hihi.
  2. Aktiflah nimbrung di komunitas atau grup yang hobi share kode voucher belanja ini. Sudah pasti saya team #grupnyebarvoucher dibanding yang harus rajin mantengin timeline instagram. Maklum bukan follower arteis ye eike (tapi follower setia olshop). Biasanya grup ini grupnya ibu-ibu kekinian (cieee ngaku sendiri kekinian).
  3. Jangan pelit juga menginfokan kode voucher ini ke teman-teman kamu ya, maka niscaya suatu hari ada kalanya dapet whatsapp dari temen yang kasih tau kode voucher juga. Hempas.. datang lagi.. hempass.. datang lagiii… Biasanya ini saya alami dengan prolog WA “Diaper anak anda sudah menipis? Anda butuh voucher diskonan belanja popok? Inilah saat yang tepaaaatt… ” *drum roll*. Dan kemudian dilanjutkan dengan situs Bilna luar biasa lemot karna ibu-ibu di semesta raya buka situs ini.
  4. Terkadang Bilna juga bekerjasama dengan operator telekomunikasi dengan program tukar poin. Voucher ini saya nikmati saat hebring Harbolnas taun 2015 kemaren. Lumayan loh momshayyy, diskon 120k untuk pembelian minimal 120k. Itu artinyaaa, eike cuma bayar ongkos kirim, kecuali belanja di atas 200k, ongkir grateeeisss..

Nah, penggunaan diskon ini juga ada strateginya loh, supaya hasilnya optimal (bilang aja ga mau rugi). Ini dia beberapa triknya:

  1. Kisaran voucher diskon Bilna itu kebanyakan adalah potongan belanja 300k-100k, kadang 200k-100k, nah, untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya sebagai ibu bijak disayang suami dan mertua, sebisa mungkin belanjalah di batas minimum belanja. Kalau minimum belanja 300k, ya belanjalah di angka tersebut, boleh lah lebih sedikit, maksimal 20k laahh *pelit. Kenapa, karena dengan begitu, persentase diskonan lebih besar. Nah, kalau kalian masih pengen belanja barang lain? Buatlah akun baru (duh, jangan ditiru yah!). Maaf ya Bilna, tapi aku belum pernah pake 2 akun kok supaya bisa pakai voucher 2 kali. Selama ini kebetulan dalam sebulan biasanya Bilna tidak hanya share 1 kode voucher, Januari 2016 ini saja ada 3 voucher diskon!
  2. Kalau tadi total belanja pakai belanja minimum, nah untuk trik supaya free ongkir, pastikan jumlah total belanja kalian sebelum diskon melampaui 200k, dimana belanja minimal 200k akan dapat free ongkos kirim untuk kota-kota tertentu (Jakarta-Bogor-Bandung masih free lah). Kalau ga, ongkirnya lumayan, apalagi kalau diapers, duh jadi ga murah lagi *perhitungaaann.
  3. Akhir-akhir ini voucher Bilna tidak berlaku untuk belanja popok dan susu di bawah 1 tahun. Tapi jangan khawatir, adakalanya Bilna menawarkan diskonan diaper, susu, dan perlengkapan bayi lainnya dengan diskon yang lumayaaan banget! Bulan ini saja saya beli tas Stephen Joseph yang model quilt, diskon 70%. Ini diskonannya beneran loh, karena saya sudah membandingkannya di olshop lain yang tidak diskon. Dari harga 399k jadi 119k belum lagi pake voucher potongan belanja. Ah, surga…
  4.  Jangan ragu untuk subscribe, karena pasti akan dikirim email saat ada diskonan (bukan kode voucher), atau midnight sale, atau diskon gila-gilaan pas year end sale. Kalau untuk ini saya sengaja menyediakan 1 email khusus untuk spam spam info belanja ini. Dengan subscribe ini, saya juga pernah dapat voucher diskonan khusus untuk pelanggan tertentu.
  5. Pastikan mental kamu kuat. Mental? Emangnya mau nembak cewe? Iya! Mental. Mental untuk ga kalap belanja. Kenapa? karena pengalaman pribadi  teman-teman, histeris ada voucher, justru malah membeli hal-hal tidak penting supaya memenuhi nominal belanja minimum.

Nah, dibanding dengan olshop besar lain, Bilna ini punya kelemahan dalam hal pengiriman barang. Apabila kita memilih metode membayar dengan transfer/ATM, bisa jadi karena Bilna merupakan olshop besar, jadi verifikasi memakan waktu agak lama. Padahal olshop se-huge Bilna bisa saja yah pake VA supaya ga ribet. Bahkan saya pernah karena lupa konfirmasi, karna beda bank (kebiasa pake bank yang sama yang tidak perlu lagi konfirmasi), order saya stuck ‘pending”. Akhirnya saya kirim email ke Bilna. Awalnya dibalas dengan template (sepertinya autoreply) dan kemudian ditindaklanjuti. Berkali-kali email sekaligus konfirmasi pembayaran sampai 3 kali, saya masih saja dapet email tagihan suruh bayar. Zzzz semper kekhi berat. Akhirnya saya tidak sabar dan telepon CSnya. Dan, telepon CS Bilna itu tidak mudah! Berkali-kali ga diangkat, sampai akhirnya telepon yang ke-3 diangkat. Nah, ternyata komplain dengan telepon (meski lama ya angkatnya) ini lebih cepat follow upnya. Besoknya status orderan saya sudah processing, dan 3 hari kemudian dikirim. Happy ending.

Lesson learned semenjak kejadian itu adalah, sebaiknya saya bayar COD atau pakai kartu kredit. Apakah saya kapok belanja di Bilna? Cencuh cidaaaak!!! Saya kan team #customerbancidiskon dibanding dengan yang mengedepankan furious delivery. Biar lambat asal selamat (barang dan dompet). Saya masih menjadi royal customer Bilna dan menanti promo-promo menariknya.

Kalau kamu, ada voucher diskonan juga ga? Bisikan yah! Hihi.

Advertisements

6 thoughts on “Berbelanja Cerdas ala Bilna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s