Trapped Dyno

photo 1(1)

Suatu hari saya berniat untuk mengambil uang di ATM. Sudah tanggal tua, belum gajian, sudah dipastikan gerakan kekep dompet dimulai. Ternyata kali itu ATM Bank plat merah yang ada di dalam Alfamidi antri banyak, beralihlah saya ke Indomaret yang letaknya bersebelahan. Namun bukan untuk mengambil di mesin ATM juga, melainkan mau mengambil tunai di kasir indomaret. Mengambil tunai pakai kartu debit loh ya, bukan nodong. Namun sebelumnya, perhatian saya malah terdistract kemana-mana. Malah beli beras, tisu, dan yang terakhir, mata saya terhenti pada seplastik mainan dinosaurus karet. Saya dan Baim sudah dari beberapa waktu yang lalu pengen beli mainan karet itu, meski di toko yang berbeda. Akhirnya saya memutuskan untuk membelinya saat itu juga.

Sampai rumah, saya langsung memeriksa jelly dan agar-agar putih di dalam kulkas. Ternyata selama ini belum terpakai sama sekali. Agar-agar dan jelly tersebut sengaja saya persiapkan untuk bermain sensory play bersama Keenan. Hmm, ketahuan kan, selama ini cuma lapar mata belanja bahan-bahan doang, eksekusi enol gedek. Baiklah, akhirnya saya isi air dalam panci, saya rebus. Sembari menunggu air mendidih, saya cuci semua mainan dyno karet, saya siapkan cetakan agar-agar. Adonan agar-agar panas telah siap, maka saya tuangkan dalam cetakan, setelahnya saya sisipkan dyno karet ke dalamnya. Tak butuh waktu lama untuk mendapatkan agar-agar yang sempurnya dan siap untuk dimainkan. Kalau ingin cepat, setelah agak dingin, masukan agar-agar ke dalam freezer.

Awalnya ketika saya sodori satu tray agar-agar untuk dieksekusi, Keenan sempat menolak. Dia nampak geli dan ragu untuk memegangnya. Akhirnya saya dan Baim turun tangan. Kami ikut main, mengarahkan tangan Keenan untuk meremas agar-agar dan menunjukkan bahwa ada “kejutan” di dalamnya. tak perlu waktu lama sampai Keenan akhirnya bisa menikmati sensory play yang menyenangkan itu, sama cepatnya sampai potongan jelly tersebut berubah menjadi bubur jelly karena diremas-remas. Hahaha.

photo 2(1)

photo 3

Kira-kira apa saja yang bisa kita asah dalam permainan sensory play kali ini:

  1. membedakan benda panas dan dingin. Saya sengaja menyajikan agar-agar dalam kondisi dingin, fresh dari dalam freezer.
  2. melatik koordinasi tangan dengan latihan meremas.
  3. membedakan berbagai tekstur, tekstur jelly yang licin dan keras dapat menstimulasi indera peraba anak.
  4. permainan dan imajinasi “menyelamatkan dinosaurus yang terjebak”.

Bagaimana mommies? Mau coba di rumah? 🙂

Advertisements

11 thoughts on “Trapped Dyno

  1. Wah ini bisa jadi pengganti ‘surpise eggs’ nih ‘surpise jelly’ 😀 terus mainnya sambil mandi (biar gak berantakan hahahaha pemalasss) Makasih idenya ❤ ❤ akan langsung dieksekusi malam ini *ambisius* :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s