Pengalaman dengan CS Traveloka

Promo-Diskon-Tiket-Pesawat-Traveloka.com-Bank-Mega

Pengalaman saya ini mungkin hanya salah satu dari sekian banyak persoalan yang dikeluhkan kepada Customer Service Traveloka. Traveloka adalah salah satu online travel agent yang melayani penjualan tiket pesawat dan hotel. Saya sudah menggunakan jasanya beberapa kali dan puas, buktinya saya selalu kembali menggunakan jasa Traveloka ini baik untuk memesan tiket maupun hotel. Selain menjanjikan harga yang tertera adalah jumlah bersih dan ga bikin pening karena ada tambahan ini anu dan itu, Traveloka juga mematok harga yang bersaing, dan bahkan sering memberikan diskon ekstra.

Nah, ada apa antara saya dengan Customer Sevice Traveloka? JRENG! Jadi begini ceritanya…

Kemarin sore tanggal 1 Maret, saya memesan tiket pesawat untuk ibu saya. Saya memilih untuk metode pembayaran transfer bank. Oleh Traveloka telah dijelaskan tata cara transfer, yang salah satunya meyebutkan bahwa jumlah nominal yang ditransfer harus SAMA PERSIS dengan jumlah invoice. Hal tersebut karena verifikasi pembayaran Traveloka adalah by system oleh komputer, sehingga apabila nominal tidak cocok, maka dianggap belum membayar.

Maka berangkatlah saya ke ATM depan kantor sekalian pulang. Transfer beres, bukti transfer telah diterima, dan tinggal verifikasi. Sistem pemesanan sampai dengan verifikasi pemesanan Traveloka sendiri sangat mudah dan user friendly. Ketika proses verifikasi yang memakan waktu maksimal 10 menit, saya baru tersadar kalau jumlah yang saya transfer TIDAK SAMA dengan invoice nya! DHUAR! Langit terasa gelap (karena emang lagi mendung) apalagi inget gas di rumah lagi habis (mulai halusinasi). Akhirnya saya naik lagi ke kantor untuk menelfon CS supaya tenang, daripada di KRL, ya kan?!

Saya menelepon CS Traveloka dan dijawab oleh mesin penjawab, yang kemudian menyambungkan saya dengan operator. Tak berapa lama telepon diangkat, saya menjelaskan ba-bi-bu nya, dan kemudian dengan sangat hati-hati CS mencocokkan data saya dengan nomor booking serta status pembayaran. Ternyata memang belum dapat diverifikasi dan saya diberikan petunjuk untuk mengupload foto bukti transfer ke dalam akun saya. Ketika saya buka akun, ternyata sudah otomatis “dipersiapkan”, sehingga saya tinggal upload foto (ih, ajaib deh). Kemudian saya cek email, dan mendapatkan email dari traveloka bahwa pesanan saya telah dibatalkan dan uang akan di refund. Jadi begini, kalau kita salah transfer nominal, maka otomatis pesanan akan dibatalkan dan dana akan di refund dengan transfer ke rekening customer. Dalam email tersebut, saya diminta data nama, nomor rekening, nama bank, dan cabang, dalam email tersebut disebutkan bahwa refund melalui rekening Bank Mandiri akan lebih cepat jika dibanding dengan bank lain. Setelah saya melengkapi data, maka saya akan menerima balasan bahwa data dan dokumen yang diperlukan telah lengkap, dan saya cukup menunggu proses refund yang HANYA memakan waktu selama maksimal DUA HARI saja. Ah, senang kan, tak berbelit-belit.

Nah, enaknya lagi, email yang kita terima dari Traveloka tersebut terdapat nama PIC Customer Service yang melayani kita saat telepon, sehingga kita tau jika mau komplain lanjutan atau tidak puas dengan pelayanan CS tertentu. Sampai disitu, saya pulang ke rumah dan segera memesan kembali tiket, tapi kali ini dengan kartu kredit hahaha, TRAUMAK gara-gara ga teliti sih! Dan, sore ini, saya baru saja mendapatkan email kalau dana saya telah di refund oleh pihak Traveloka. Saya langsung cek rekening, dan benar, dana yang-sebenarnya-tak-seberapa itu telah dikembalikan ke rekening saya tanpa dipotong biaya apapun! Jadi, saya hanya perlumenunggu selama satu hari saja sampai dana saya dikembalikan tanpa biaya apapun, dibanding dengan pembelian tiket kereta yang lebih berbelit-belit dankena potongan, bagi saya ini ISTIMEWA!

Terimakasih Traveloka atas pelayanan yang memuaskan dan sangat memudahkan customernya. Semoga Traveloka dapat mempertahankan yang baik dan meningkatkan pelayanannya menjadi lebih baik lagi.

traveloka

ps: ada banyak kakak kelas SMA sih di Traveloka, Good Job Abang dan Kakak! *ikutan bangga aja sih*

Advertisements

7 thoughts on “Pengalaman dengan CS Traveloka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s