#TUMLuncheon: Lindungi Keluarga Kita dengan #MNCFamilyCare

Kamis pagi saya telah duduk manis di jok motor ojek online membelah Jakarta. Tujuan saya adalah ke FX Sudirman. Pukul 10 pagi, bersama dengan Blogger dari The Urban Mama, kami akan berpartisipasi dalam acara #TUMLuncheon. Tema #TUMLuncheon kali ini adalah tentang Peran Penting Orang Tua untuk Perlindungan Keluarga. Mumpung hari itu saya lagi mudah mengantongi izin, tanpa buang waktu, saya langsung menuju ke lokasi acara sebelum atasan saya berubah pikiran. Hehe.

Sampai di Eat n Eat FX Sudirman, beberapa tim dari TUM dan MNC tengah bersiap. Hari itu TUM menggandeng MNC Insurance untuk memberikan edukasi tentang pentingnya proteksi untuk keluarga. Dari awal, saya sudah menduga bahwa nanti akan dijelaskan produk asuransi dari MNC Insurance, premi, polis dan sebagainya. Sembari menunggu, saya menebak-nebak, kira-kira apa ya yang istimewa dari MNC Insurance ini dibanding dengan asuransi lainnya.

Tak selang berapa lama, acara pun dimulai. Siska Knoch, membawakan acara dengan ceria, yang diawali dengan sambutan dari Founder Mama, the one and only, Teh Ninit. Acara dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama adalah edukasi keuangan oleh Fioney Sofyan atau akrab disebut Mbak Oney, dan sesi kedua adalah pengenalan produk asuransi yang baru diluncurkan oleh MNC Insurance yang akan dipandu oleh Head of Business Development dari MNC Insurance.

Edukasi Peran Penting Orang Tua untuk Perlindungan Keluarga

Mbak Oney menyampaikan bahwa di usia 0-20 tahun, pada dasarnya manusia belum ada tanggungan sama sekali. Di usia itu aktivitas masih seputar makan-sekolah-tidur-dan sesekali main. Ketika usia mulai berkepala dua, manusia pada umumnya akan mulai menapaki etape kehidupan yang berbeda. Bekerja, menikah, punya anak, kebutuhan akan gadget, tempat tinggal, bahkan barang mewah, sehingga pada usia tersebut, akan tiba saatnya manusia itu akan menjadi orang tua atau kepala rumah tangga, atau paling tidak menjadi pribadi yang mandiri. Dengan “posisi” kita yang baru tersebut akan muncul tanggungan-tangguan, antara lain anak, adik, orang tua, mertua, atau saudara lainnya. Lalu apakah peran kita sebagai orang tua/kepala rumah tangga/pribadi yang mandiri untuk memproteksi keluarga?

Jawabannya adalah ASURANSI.

Kenapa harus asuransi?

  1. karena posisi kita tidak tergantikan di dalam keluarga.
  2. karena kita adalah tulang punggung keluarga.
  3. karena kita ingin melindungi keluarga kita.
  4. karena mencegah lebih baik daripada mengobati.
  5. karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok.
  6. untuk melindungi dari kekhawatiran-kekhawatiran.

Nobody’s knows what will happened tomorrow ya, ceu. Jadi alangkah baiknya kita “berjaga-jaga’ dari sekarang. Peranan asuransi ini sangat penting. Namun sayangnya masyarakat Indonesia yang melek akan hal ini masih sangat minim. Faktanya, kurang dari 10% orang Indonesia yang memiliki polis asuransi (sumber: PT Aegon Direct & Affinity Marketing Services (ADAMS)).

Sebenarnya apakah asuransi itu?

Menurut Pasal 246 KUHD, asuransi adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seseorang tertanggung dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.

Dengan kata lain:

Menurut Mbak Oney, asuransi adalah usaha kita untuk melindungi diri kita dan atau keluarga kita, dari kemungkinan kerugian-kerugian yang mungkin timbul akibat pihak kedua, pihak ketiga, atau hal-hal lain yang menyebabnya hilangnya suatu harta kekayaan atau jiwa.

Bagi pemula (seperti saya), ada hal-hal yang perlu diketahui tentang asuransi, antara lain:

  1. ASURANSI adalah PROTEKSI, bukan INVESTASI.
  2. Asuransi sifatnya melindungi kita dan keluarga, dari kekhawatiran-kekhawatiran yang mungkin timbul.

Saat ini banyak sekali produk asuransi yang ditawarkan. Lalu polis apa saja yang sebaiknya kita ambil? All depend on your needs. Yang pasti asuransi yang menurut saya pribadi WAJIB itu asuransi kesehatan. Kenapa? Karena jika sakit dan harus rawat inap (maunya sih sehat terus ya), kita ga perlu lagi pusing mikirin biaya nanti. Asuransi lainnya misalnya saat ini punya pekerjaan yang high risk, maka sebaiknya ambilah asuransi jiwa. Jika sudah memiliki anak, mungkin mulai memikirkan asuransi pendidikan. Lalu untuk memproteksi harta benda, maka ikutlah polis asuransi kendaraan/fixed aset lainnya.

Berapakah nilai pertanggungan asuransi yang kita perlukan?

Mbak Oney memberikan rumus, yaitu:

Deposito/12 bulan x UP yang kita perlukan

Yang menarik dari ikutan asuransi juga, bahwa setiap asuransi bonafit, pasti sudah tergabung dalam asuransi di seluruh rumah sakit di dunia. Tandanya asuransi tersebut telah join, biasanya ada tanda redcross pada kartu polisnya.

MNC Family Care


Head of Business Development dari MNC Insurance memperkenalkan produk baru dari MNC Insurance. Sebelumnya, MNC Insurance melakukan terobosan baru yaitu pembelian polis asuransi MNC Insurance dapat dilakukan melalui website www.mnc-insurance.com dengan mudah, nyaman, dan cepat. Untuk produk baru kali ini, MNC Insurance mengeluarkan produk MNC Family Care  yang merupakan asuransi kecelakaan diri untuk keluarga yang diyakini akan menjadi produk andalan MNC Insurance selanjutnya. Saya tidak heran jika produk ini ke depannya prospektif menjadi favorit dan menjadi produk unggulan, Pasalnya, menurut saya, produk ini cukup ajaib dan lain dari yang lain. Kenapa?

Dari fitur-fitur nya, MNC Family Care bisa dibilang the one and only dari asuransi-asuransi yang ada di Indonesia. Produk ini sebenarnya sangat simpel. Hanya dengan satu polis, nasabah sudah melindungi dirinya dan keluarganya sampau dengan maksimal tiga anak. IYA, TIGA LOH. Selain itu, ditambah bonus satu orang ART atau sopir atau babysitter. IYA, PEMBOKAT AJA DAPET! Daaaaan, polisnya CUMA SATU PLUS PREMINYA MURAH BANGETTTT.

Tak cuma itu saja, kelebihan lainnya yang unik dan tidak ada di asuransi lain antara lain:

  1. 1 polis untuk 1 keluarga (pertanggungan yang diberikan adalah: ayah 250 juta, ibu 100 juta, anak 50 juta/anak, ART/sopir/babysitter 10 juta.)
  2. Santunan pemakaman (maksimal 50 juta)
  3. santunan duka (maksimal 50 juta, dibayar sekaligus)
  4. santunan pendidikan anak (maksimal 100 juta)
  5. santunan cacat tetap (bila mengalami kecelakaan hingga cacat tetap)
  6. layanan ambulance (maksimal 5 juta)
  7. santunan transport (100 ribu/hari maksimal 1 juta, misalnya setelah kecelakaan mobil, mobil hancur, maka transpor yang seharusnya bisa naik mobil bisa diganti)
  8. pengobatan tradisional (250 ribu/hari, maksimal 30 hari, hanya untuk pengobatan yang telah memiliki lisensi)
  9. santunan terapi fisik (500 ribu/hari maksimal 30 hari)

Banyak banget kan kelebihannya. Senengnya lagi, MNC Family Care ini preminya dibayarkan sekali untuk jangka waktu satu tahun. Preminya? Satu tahun preminya adalah sebesar.. jengjeng.. *drum roll*.. LIMA RATUS RIBU RUPIAH SAJA alias SERIBU TIGA RATUS RUPIAH per harinya, jaminan yang didapatkan lebih dari TUJUH RATUS JUTA RUPIAH *ngiler*.

Mengenai akses pembelian polis, sangatlah mudah. MNC Insurance menghadapi tantangan perkembangan teknologi dengan mengembangkan sistem pembelian polis berbasis online. Jadi, tidak perlu capek menghadapi agen asuransi, atau tergiur produk asuransi lain yang sebenarnya tidak diperlukan, atau membuang waktu dan tenaga (cieh). Akses website dapat dilakukan via mobile atau dekstop  selama 24 jam, dimana aktivasi polis bisa dilakukan segera setelah dilakukan pembayaran via kartu kredit dan transfer. Mudah, cepat, dan pasti beres.

Bagi anda yang gaptek dan masih perlu siraman teknologi, jangan khawatir. Nasabah dan konsumen dapat langsung menghubingi web chat pada website tersebut atau telepon customer service nya.

Lalu bagaimana dengan proses klaimnya? Semua sistemnya reimburce. Pastikan kuitansi aslinya tersimpan rapih ya. Anda tinggal telpon customer servicenya, dan akan diproses paling lama 30 hari.

Gimana? Mudah, murah, dan menggiurkan kan. Tertarik? kalau saya sih YES!

Terimakasih The Urban Mama dan MNC Family Care atas ilmunya 😊

(almost) all pictures taken by The Urban Mama.

Advertisements

2 thoughts on “#TUMLuncheon: Lindungi Keluarga Kita dengan #MNCFamilyCare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s