LITERALLY HIJRAH

img_4491

Hawoh!

Saya udah pindah ya. Jangan lagi nyari di seputaran Lapangan Banteng atau KRL Jakarta-Bogor –> message buat tukang kredit.

Jadi (akhirnya) saya mutasi Bandung. Yang konon susah banget nembusnya karna banyak yang ngantri itu loh. Alhamdulillah yah, lima bulan ngajuin pindah, langsung terkabul. Mau tanya saya pakai susuk apa? Saya pakenya susuk-sutil (diacungin ke bagian mutasi). Ah, enggak, saya mah ga pake susuk susukan. Sama lah kayak muka saya, kalo ada yang bilang kok mukanya bersinar, saya pasti jawabnya  “ah, enggak, cuma pake air wudhu aja, seus”. Ehem.

BANDUNG.

Kota ini saya kenal sejak kuliah tingkat pertama. Pertama kali masuk kota Bandung, inget banget, naik travel Baraya 35ribu, tapi jauh aja poolnya, yaitu di Pondok Indah. Jaman itu masih kuliah di Bintaro, naik kopaja aja sama angkot 09. Sampe poolnya, muka uda masem, badan udah asem. Blah.

Pertama kali masuk Bandung, keluar tol Pasteur, pas banget Prambors lagi muter lagunya Thats The Way It Is nya Celine Dion. Eh, pas kenapa ya? Ya dipas in aja lah sama suasana hati. Cieelaah. Kayaknya jaman itu lagi menggebu-gebu. KAYAKNYA. Udah 10 taun kalik. Pokoknya masuk Pasteur asa seneng we gitu.  Udah bertekad, pengen tinggal disitu. Atau paling ga punya villa sama kebun sayur sehektar di Lembang. INI MAH MARUK! AMININ AJA NAPA.

Bahkan saking senengnya sama Bandung, temen STAPALA saya, Uje bilang di blognya pas kasih testimoni saya, Rian = Bandung. Rupanya 4 tahun kemudian kawin sama orang Bandung. HAHAHAHA. Kamu auditor apa cenayang sih?!

 Bandung itu..

Gloomy

Cuacanya kok yang gloomy! Jangan GR deh. Ada sih anget-angetnya tai ayam. Tapi kayaknya ga se cetar Jakarta atau Jogja. Ada lah sesekali mataharinya bikin perih, tapi jaraang, atau mungkin ketutup sama ademnya udara Bandung ya. Atau karena keinget kamu, bawaannya adem. TARAKTAKDUNGCES!

Enak sih, buat yang lagi bikin anak honeymoon. Tapi bagi tukang cuci-setrika kayak saya mah, GA KERING-KERING! HIH! Apalagi ini lagi heboh ujaaan aja tiap sore, sampe ada yang banjir segala kan. Hm.. be safe ya Bandung’s people! Beneran sih, kalo di Bandung, stok baju hangatnya dibanyakin, selimut-selimut laku keras, rasanya pengen pelukan aja deh (sama kamu).

Banyak Gerobag Jualan

Kalau ke Bandung, ga bakal cemas kelaperan. Yang perlu dikhawatirkan cuma timbangan dan isi dompet. Coba cek aja, dimana ada trotoar pasti aja ada gerobak jualan. Sungguh urang Bandung sangat paripurna memanfaatkan lahan kosong. Dari jual colenak, baso tahu, cireng bumbu, cilok isi, singkong keju merekah, sampe indomi batagor, semua endol bambang (ngaku deh, pasti nelen ludah!). Pas mau pindah Bandung dibilang temen siap-siap jarum timbangan geser kanan terus. GA WEEEE.. soalnya pake timbangan digital (mince nangis merung-merung).

Di Bandung ga cuma kafe-kafe dan restonya aja yang kreatif, tapi yang kelas gerobak pun nyebelin, makanannya beragam penuh kreasi dan kreativitas. Aku sebal, aku sebaaaal!

Macet!

Dari Jakarta pindah Bandung, podo bae, ketemunya ya MACET! HIH! Ga di Bandung ga di Cimahi, mbelgedhes tenan. Ga heran sih sebenarnya, wong di Jogja aja kalo libur marai esmosi kalo cari parkiran di Malioboro. Mungkin memang  perekonomian masyarakat Indonesia yang semakin meningkat, atau bisa jadi lebih mudah dalah persyaratan kredit kendaraan, bisa juga karna tuntutan gaya hidup, jadi sekarang banyaaaak sekali yang punya mobil dan motor (bagus bagus lagi).

Sebenarnya, 20% masalah kepanikan di jalan raya dan kesetresan saat macet akan berkurang jika ibu-ibu pengendara motor matic bisa menggunakan lampu sein dengan baik dan benar. Jadi saya bikin catatan untuk diri sendiri, berhubung saya juga ibu-ibu (gendut) dan hobi pake motor matic, jadi sebisa mungkin saya harus fokus dapat menggunakan perangkat motor dengan baik (baca: spion dan lampu sein). Saya tau betul, tensi suami saya dan mungkin suami-suami lain langsung naik tiap ada ibu-ibu yang nyetir atau naik motor mau nyebrang, ragu-ragu, lalu bikin macet tambah parah. Because woman came from Venus, bisa jadi. Setiap habis kejadian begitu, saya selalu berdoa, semoga saya bukan termasuk ke dalam golongan ibu-ibu yang bingung kaya lagunya Ayu Ting-Ting nyari alamat.

Banjir

Ini kayaknya baru tahun ini ya. Cuaca dimana-mana ekstrim. Eh, di bandung sering banget mobil hanyut. Jalan dan komplek pada kebanjiran.  Kalo ga inget itu karna banjir, kayaknya saya mau nari adegan india. Basah-basah lebay, lalu kejar-kejaran, lalu datanglah inspektur Vijay. Kenyataan: bukan inspektur Vijay yang dateng, tapi digiring satpol PP.

Dan beneran loh, kalo pulang kantor pas hujan deras, air itu bukan ngalir di selokan, tapi deres banget di jalan raya.Bukan, bukan karna selokannya penuh, tapi memang jalan raya lebih rendah dibanding dengan selokan. Ga perlu menyalahkan siapa-siapa. Kita instrospeksi diri aja, mungki selama ini belum disiplin buang sampah di tempatnya. Ga sadar buang 1-2 puntung rokok atau plastik sisa makanan, tapi kalo yang melakukan hal yang sama ada 3 juta orang, jadinya numpuk juga kan. *Ish, kok aku jadi bijak gini*

Tapi saat pertama kali banjir di Bandung, saya baru sekitar semingGu pindah, langsung deh kepikirannya ” Wah, pasti ini kiriman dari Bogor” HAHAHAHAH. Ga di Jakarta ga di Bandung, tetep yaaa Bogor jadi kambing (hitam). BAAAA…

Disclaimer:

Masih banyak sih hal manis tentang Bandung, yang di atas itu cuma penilaian subjektif dan dalam penilaian singkat selama (baru) sebulan tinggal di Bandung.

Advertisements

6 thoughts on “LITERALLY HIJRAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s