Belajar Berwirausaha? Jangan Lewatkan Indonesia’s Superpreneur Conference!

Ada Ayam Bakat Mas Mono.

Atau Pecel Lele Lela.

Atau Salon Muslimah Moz5.

Dengan cabang yang tersebar di banyak kota, dan yang bikin amazed, ownernya MASIH MUDA!

Terkadang saya cuma bisa gigit jari, melihat banyak sekali wirausahawan-wirausahan muda di Indonesia begitu bersinar dan cemerlang. Apalagi semenjak pindah Bandung, semakin menjamur tempat-tempat yang menawarkan konsep brilian, yang memanjakan konsumen sehingga tidak sayang harus banyak mengeluarkan uang untuk ditukar dengan kenyamanan. Sudah pasti, saya mau menjadi salah satu dari mereka. Muda namun punya konsep yang menantang dan tentunya mental yang matang. Tapi untuk memulai semuanya, ada segudang pertanyaan yang terkadang saya sendiri bingung harus mulai dari mana. Akhirnya semua tinggalah wacana, doing nothing, dan akhirnya mati penasaran. Ada yang punya nasib yang sama dengan saya? Cung!

Namun sekarang, kegelisahan saya tak perlu berkepanjangan. Sebuah pelaku UKM Indonesia dengan sebutan UKMNESIA, memberikan fasilitas untuk mempermudah calon-calon wirausaha atau yang baru saja memulai usahanya, untuk dapat menggali wawasan dan potensi sebanyak-banyaknya. Pagi hari tanggal 15 Desember 2016 banyak penggiat wirausaha Indonesia memenuhi Auditorium Universitas Trilogi, Kalibata, Jakarta. Hari itu UKMNESIA menyelenggarakan sebuah pagelaran akbar bertajuk Superpreneur Academy: Indonesia’s Superpreneur Conference 2016. Event tersebut seketika menggebrak semangat kewirausahaan di Indonesia.


Menurut Iim Rusyamsi, ketua komunitas UKMNESIA menyampaikan bahwa dengan diselenggarakannya event tersebut, bertujuan untuk menjaga sekaligus meningkatkan semangat pengusaha muda untuk tetap konsisten menekuni dunia kewirausahaan. Yap! The power of consistency! Jadi acara ini tidak hanya membidik para calon pelaku usaha yang sedang galau seperti saya, namun juga para mahasiswa maupun pelaku usaha yang sudah senior. 

Acara Superpreneur Academy ini sengaja mengambil waktu di akhir tahun dengan harapan para calon pengusaha dan pengusaha memiliki keterampilan serta wawasan bisnis pengusaha yang semakin mantap untuk mewujudkan resolusi bisnisnya di Tahun 2017. Event ini mewadahi peserta untuk dapat menambah jaringan bisnisnya, meningkatkan kapasitas pengetahuan, menggali ide dan strategi, serta ada ‘sesi curhat’ dengan 8 praktisi bisnis yang pengalamannya tidak diragukan lagi. Delapan expert itu adalah:
1. Nukman Luthfie (Pakar Social Media), 

2. Halim Nababan (Tim Ahli BPOM),

3. Kevin Wu (Pengusaha, Penulis Buku dan Motivator),

4. Yulia Astuti (CEO Salon Moz5),

5. Mohamad Rosihan (CEO Saqina.com)

6. Ardantya Syahreza (CEO Marketing Komunikasi Indonesia),

7. Nanang Wahyudi (CEO Dampu Design),

8. Didi Diarsa (CEO Kayuh Indonesia Wooden Bike)


Semua keren. (Hampir) semua masih muda. Dan semua inspiratif!

Kegiatan ini dapat berlangsung karena kolaborasi dari beberapa pihak. Yes, the power of collaboration untuk membentuk ajang berkumpulnya penggiat wirausaha di Indonesia menuju kemandirian ekonomi Indonesia. Sebagaimana disampaikan Iim Rusyamsi, disini pengusaha yang telah sukses dengan senang hati sharing dan membantu pengusaha pemula. Sementara pengusaha pemula menjadi lebih terarah bekerja keras serta bekerjasama dengan komunitas hingga mencapai progress dan sukses. Maka setelahnya siklus berulang, kembali memberdayakan pengusaha pemula lewat kolaborasi, inspirasi, dan referensi dunia usaha.


Kolaborasi yang telah dilakukan untuk mengkatalis wira usaha Indonesia dalam event ini adalah dengan partisipasi ukmmarket. Ukmmarket merupakan online shop yang mewadahi pemasaran produk lokal terlengkap. Ukmmarket banyak banyak sharing tentang strategi berbisnis secara online agar dapat unggul di persaingan bisnis yang ketat. Seperti halnya disampaikan oleh CEO Ukmmarket, A. Zaky Amiruddin, bahwa Ukmmarket berkomitmen akan mendukung pelaku usaha dan produk Indonesia.

BNI tak mau kalah juga ambil bagian dalam kolaborasi  event ini, yaitu dalam hal pengembangan kapasitas para pelaku usaha menjadi enterpreneur yang mantap melalui penyediaan dana pinjaman untuk modal usaha. Komunitas UKMNESIA pun didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia bersama Kadin Indonesia. Kolaborasi dari pihak-pihak tersebut semakin menguatkan dalam pembentukan pengusaha-pengusaha lokal yang handal dan kompetitif. 

Anda ketinggalan event ini? Jangan khawatir, karena event ini dijadwalkan akan dilaksanakan secara rutin. Sebagaimana kembali dituturkan oleh Iim Rusyamsi, bagwa telah disiapkan rangkaian acara seminar, klinik bisnis, workshop wirausaha secara rutin. Ikuti juga social medianya agar tidak ketinggalan info lagi.

Social Media:

Instagram: @ukmmarket

Twitter: @ukmmarket

Facebook: ukmmarket

Website: http://www.ukmmarket.co.id

Bersiaplah para (calon) wirausaha Indonesia, akan segera muncul Ayam Betutu Panggang Mas-Mbak, atau Pecel Terong Fenomenal, atau Salon Hijab Refleksi din Indonesia. Ready. Steady. GO!

Advertisements

2 thoughts on “Belajar Berwirausaha? Jangan Lewatkan Indonesia’s Superpreneur Conference!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s