[TUMBloggersMeetUp]: #BrightFuture Campaign For Better Indonesia

Pukul 7 pagi saya sudah duduk manis di gerbong Argo Parahayangan menuju Jakarta. Hampir setiap weekend saya ‘mengarungi’ Cipularang-Cikampek demi berbagi ilmu bersama The Urban Mama. Bagi saya, bertemu dengan para Urban Mama menjadi acara me time favorit yang selalu saya tunggu. Hari itu tanggal 17 Desember, Urban Mama mengadakan #TUMBloggersMeetUP bersama dengan Unilever dan Blibli.com. Tema meet up kali ini adalah tentang “Selamat Tinggal Dunia Lama Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia Lewat Dunia yang Sehat & Gembira” atau disebut dengan #BrightFuture campaign. Temanya sangat menggelitik ya, saya pun juga sempat bertanya-tanya, Dunia Lama vs Masa Depan yang seperti apakah maksudnya?

Tak seperti acara TUM biasanya yang dimulai pagi hari, #TUMBloggersMeetUp ini dimulai siang hari dan diawali dengan makan siang. Fika Rosemary, MC acara ini membuka rangkaian acara dengan mewawancarai beberapa orang peserta, yang semuanya adalah blogger mama. Tak selang lama, MC berambut cepak ini mempersilahkan 3 narasumber untuk ke stage dan memberikan sharing knowledge bersama para peserta. Tiga narasumber itu adalah:

  1. Adisty Nilasari, Disty (Media Relation Manager PT Unilever Indonesia)
  2. Lani Rahayu, Lani (Senior Marketing Communication Manager Blibli.com)
  3. Retno Dewanti Purba, Retno (Psikolog dari SAUH Psichological Services)

Campaign #BrighFuture Unilever ini merupakan salah satu dari kampanye global yang dilaksanakan di 6 negara di dunia, dan merupakan pengejawantahan dari Unilever Sustainable Living Plan (USLP) yang mendukung program Unilever di tahun 2020 dan 2030 yaitu untuk mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan dari bisnis Unilever serta meningkatkan manfaat sosial positif di masyarakat. USLP sendiri merupakan strategi yang diluncurkam Unilever sejak tahun 2010 yang merupakan strategi untuk meningkatkan bisnis 2x lipat seraya mengurangi setengah dampak lingkungan yang ditimbulkan dan meningkatkan dampak sosial bagi masyarakat.

Disty menjelaskan, yang dimaksud dunia lama adalah kondisi pesimistik mengenai dunia kita saat ini yang kompleks dan penuh masalah. Dunia baru yang ingin diwujudkan oleh Unilever adalah dunia yang optimis dan ramah lingkungan, khususnya bagi anak-anak supaya dapat menjadi tempat tumbuh dan bermain yang sehat dan gembira. Saat ini Unilever telah mendukung dan melengkapi 5 taman di 5 kota besar di Indonesia supaya lebih children friendly dan tentunya lebih sehat. Program tersebut berjalan dengan menggandeng langsung masyarakat sampai dengan LSM serta komunitas setempat untuk turut serta merawat, memanfaatkan, dan menjaga fasilitas tersebut.

Peran dari konsumen Unilever sendiri menempati peranan yang tak kalah penting. Unilever melangkah untuk bersama-sama menyambut dunia baru yang optimis dengan kekuatan konsumen dan brand-brand dari Unilever untuk membawa perubahan yang positif bagi generasi mendatang. Berdasarkan hasil penelitian Unilever Global, bahwa 54% konsumen mau memilih produk yang diproduksi secara bertanggung jawab dan memiliki misi sosial. Dengan kata lain, selain mendapat manfaat kualitas, harga, dan manfaat dari produk Unilever, konsumen pun turut andil dalam misi sosial. Hal tersebut menjadi good sign bagi Unilever, dan semakin optimis menuju dunia baru yang lebih baik.


Dalam campaign ini, Unilever menggaet Blibli.com dalam hal market place. Lani menyatakan bahwa pihak Blibli.com sangat antusisas dan menyambut baik dari good campaign #BrightFuture tersebut. Pada intinya Blibli.com memiliki misi yang sama dengan campaign tersebut, yaitu memberikan kehidupan yang baik bagi masyarakat. Kenapa Unilever memilih Blibli.com? Karena saat ini online shop merupakan alternatif cara belanja yang digemari oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia, bahkan di dunia, dan Blibli.com merupakan salah satu raksasa online shop di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Unilever dan Blibli.com menyasar edukasi tentang program #BrightFuture kepada mama blogger karena 2 alasan. Yang pertama adalah, mama atau ibu merupakan decicion maker terhadap hampir 95% hal dalam rumah tangga. Yang kedua, blogger merupakan golongan masyarakat paling dasar yang memberikan influence kepada masyarakat. Proud being a mama blogger 😊.

Kerjasama Unilever dan Blibli.com yang telah dilaksanakan selain menggandeng komunitas setempat juga mengusung program edukasi seputar kesehatan, lingkungan, dan bijak dalam berbelanja online. Dalam kesempatan itu pula, Lani memberikan tips menarik berbelanja online secara bijak. Lani menuturkan bahwa berbelanja online merupakan produk dari perkembangan teknologi yang bisa menjadi pisau bermata 2. Di satu sisi memudahkan konsumen dalam berbelanja, namun di sisi lain akan menjadi bencana jika tidak paham ‘aturan mainnya’.  Apa saja tipsnya?

1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Mama harus bisa mengatur skala prioritas, barang apa yang menjadi kebutuhan, dan mana yang hanya karena lapar mata.

2. Berbelanja online sebenarnya merupakan salah satu solusi bagi Mama untuk dapat ‘mengerem’ kebiasaan Mama yang sering ‘khilaf’. Hal tersebut dikarena ada spare waktu yang (bisa jadi) lama sampai dengan transaksi pembayaran, maka Mama memiliki kesempatan untuk dapat membaca terlebih dahulu fungsi, kegunaan, spesifikasi, dan testimoni barang yang ingin Mama beli.

3. Jangan menggunakan fasilitas umum ketika melakukan transaksi secara online, seperti komputer, wifi, atau laptop karena resiko untuk hacker lebih besar.

4. Sesekali Mama dapat melakukan treatment for yourself untuk menghargai kerja keras Mama selama ini, baik dalam mengatur rumah tangga maupun bekerja sebagai working mom 😊. Definitely AGREE!

Dalam kesempatan tersebut, hadir psikolog, Retno Dewanti Purba yang akrab dipanggil Mbak Retno sangat menyambut baik power of collaboration yang telah dijalankan antara Unilever, Blibli.com, dan elemen masyarakat. Hal tersebut dapat menuntun program #BrightFuture menjadi program yang semakin nyata manfaat dan mantap karena didukung oleh banyak pihak yang relevan yang memiliki kesamaan tujuan . Pemberdayaan komunitas saat ini sangatlah tepat karena komunitas merupakan saluran yang menerjemahkan gerakan sosial menjadi sebuah aksi.


Menurut Mbak Retno, dengan #BrightFuture campaign ini memberikan dan mendukung anak-anak untuk mendapatkan haknya yaitu bermain. Yap, bermain adalah hak setiap anak. Selama ini kebanyakan anak di kota besar lebih banyak terpapar gadget dibanding dengan bermain di luar. Padahal manfaat bermain di luar sangatlah banyak, pernah saya ulas di sini. Menurut Retno, manfaat bermain diluar bagi anak-anak antara lain:

1. Mengurangi paparan gadget. Pada dasarnya jaman sekarang kita memang tidak bisa dihindarkan dari gadget, karena memang di satu sisi kita butuh gadget. Namun yang paling utama adalah ‘rules‘ dalam penggunaan gadget dalam pembentukan kebiasaan yang baik. How habbits created? Habbits terbentuk dari melihat-mencoba-kemudian melakukannya secara berulang. Menjadi positif atau negatif, semua tergantung dari rules yang kita bentuk.

2. Menguatkan sifat toleransi anak. Dengan bermain di luar, anak akan banyak bertemu dengan hal-hal yang tudak pernah ditemukan di rumah maupun dalam keluarganya. Banyaknya perbedaan yang dia temui, dapat menstimulus sense of tolerant nya.

Namun yang harus diperhatikan ketika anak bermain di luar adalah:

1. Orang tua tetap harus mendampingi untuk dapat menciptakan dan menguatkan bonding antara orang tua dengan anak.

2. Tingkat keamanan merupakan tanggung jawab bersama, yang harus diperhatikan adalah pengaturan frekuensi bermain. Pengaturan frekuensi bermain baik indoor maupun outdoor tergantung pada kreativitas masing-masing Mama.

Kampanye #BrightFuture antara Unilever dengan Blibli.com tersebut berlangsung mulai 1 Desember 2016 s.d 31 Desember 2016. Dalam interval periode tersebut, setiap pembelian produk Unilever yaitu Lifebuoy, Pepsodent, Blueband, Domestos, Vixal, dan Rinso di Blibli.com, secara otomatis turut berdonasi sebesar Rp 1.000 untuk program edukasi kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di arena taman bermain. Harapan ke depannya, #BrightFuture Campaign tersebut dapat menjadi viral dan menginspirasi banyak pihak dalam perilaku bersih dan sehat, bijak berbelanja online serta dapat diwujudkan dalam tindakan yang nyata serta konsisten. Mumpung masih 1 minggu lagi di bulan Desember, ikutan #BrightFuture campaign yuk! Klik Blibli.com, belanja produk Unilever tertentu, done! Anda resmi menjadi donator untuk masa depan yang lebih baik! 😊

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s