Roti Gempol di Gang Senggol

Bagi yang tinggal di Bandung, kuliner ini pasti sudah tak asing lagi. Letaknya di Jalan Gempol, di antara spot kuliner “rakyat” yang ramai, namun kualitas rasa dan pengalaman kuliner, tidak perlu diragukan. Saya biasa kesana (iya biasa, saking hobinya) setiap hari Jumat selepas lari pagi. Habis lari, langsung kalap nggempol. Disarankan kesana tidak usah pakai mobil, kecuali mobilnya bisa dilipet, soalnya jalanan cukup sempit. Bisa sih lewat, cuma kadang jadi zolim sama pengguna jalan lain kalo pas lagi papasan. Hehe.

Setiap kali ke Roti Gempol, pasti selalu ramai. Kekurangan selain parkiran, tempat nya juga sempit. Karena letak tempat makannya berdempetan dengan pabrik rotinya, ketika parkir, biasanya sudah kecium wangi roti. Hmmm.. Roti gempol memang produk roti home made yang menawarkan menu roti tawar, roti gandum, dan isiannya. Bagi yang ingin menu lain, roti gempol juga menjual mie yamin yang rasanya tak kalah otentik!

Apa saja yang dijual di roti gempol? ROTI. Hehehehe.

2016-12-16-photo-00023168

Roti nya dibakar, di atas kompor, eh wajan, eh teflon yang besar. Dasarnya adalah roti tawar dengan berbagai pilihan. Ada roti tawar biasa, roti tawar spesial, roti tawar super, roti tawar gandum, dan havermut. Yang membedakan adalah bahan susu dalam roti tersebut (plis jangan nyari susu kuda liar). Untuk pilihan isian, dibagi menjadi:

  1. manis (coklat, kacang, susu, selai -> bisa dicampur maksimal 3, jika tambah keju maka hitungannya masuk ke asin)
  2. asin (keju telur)
  3. spesial (daging telur/ daging keju)
  4. komplit (daging, telur, keju)

Masing-masing isian ada beraneka ukuran, ada yang perseorangan, ada juga yang ririungan. Untuk yang ririungan bisa untuk 2-3 orang (ya kalo saya sendiri sih bisa habis sendirian). Kalau yang ririungan rasanya bisa mix asin dan manis.

Kalau favorit saya sih yang gandum spesial perseorangan (kalo ririungan aku malu). Rotinya lembut, telurnya bisa request well done atau moderate, ada saus mayonais yang gurih. ENAK BANGET! Harganya sangat terjangkau, sudah pasti. Minumannya selain yang dibuat sendiri oleh karyawan (es teh, milo, kopi dll) ada juga thai tea merek addict tea, susu kedelai aneka rasa mereknya doudou (favorit yang aroma melon), dan beberapa minuman warna warni menarik lainnya.

2016-12-16-photo-00023174 2016-12-16-photo-00023169 2016-12-16-photo-00023177

Kalau beli roti tawarnya bawa pulang, jangan sedih dan jangan bimbang kalau potongan ketebalan rotinya berbeda dan tidak konsisten, Semua karena dikerjakan dengan manual, alias dipotong langsung sama breadmakernya pakai pisau roti. Keuntungannya, kita bisa request ketebalan roti, bisa yang tebel-tebel kayak badan saya, atau yang tipis-tipisa biar kalau mau di toast di rumah bisa kemripik.

2016-12-16-photo-00023167

Selain menjual roti, Roti Gempol juga jual selai dan saos yang sama persis dengan yang disajikan dalam menu. Memang sausnya otentik juga, bertekstur, asam-manis-pedasnya pas. Jadi untuk yang mau kasih surprise ke pacar/suami/teman/keluarga dengan roti ala roti gempol, you can make your own Gempol 2.0. Oh iya, beberapa roti yang ditawarkan di etalase juga tak kalah drooling. Ada roti sobek aneka isian, dan donat yang kita bisa pilih taburannya, gula putih atau merah. Saya sukaaa sekali dengan donatnya yang berukuran cukup jumbo, dengan taburan gula merah. lembut banget dan harganya pun bikin gagal diet, 2k rupiah saja. Nangis bahagia, meski berakhir timbangan geser ke kanan terus.

2016-12-16-photo-00023172 2016-12-16-photo-00023163 2016-12-16-photo-00023164

Jika kemari, saya belum pernah mengajak anak karena tempatnya pun tak kalah “gang senggolnya”, takut Keenan rusuh. Meski kecil, tapi bersih dan nyaman. Ada sofa panjang dengan meja-meja kecil mirip coffee shop. Memang sebaiknya kalau makan disini (apalagi pas lagi jam ramai) ga bisa sambil arisan keluarga, atau reunian, karena dijamin dilempar sutil sama mas-mas pemanggang roti sambil teriak “yang ngantri banyak WOI!”. Interior ROti Gempol yang sederhana, justru membuat manis dan menarik.

2016-12-16-photo-00023178

Ada yang punya rencana ke Bandung tahun baru ini? Jangan sampai kelewatan kuliner satu ini ya!

Advertisements

4 thoughts on “Roti Gempol di Gang Senggol

  1. Roti ini harus belinya sepaket sama kupat tahu dan sate di pasar. Tapi enakan nggak bawa kendaraan, kebayang kan lagi sehah lada disuruh mindahin parkir. Hiks…udah lama nggak ke gempol.. tapi soal roti saya masih ngejagoin roti gg kote… endess berat…. aaahhhhh pengen pulang ke Bandung….

    1. Halo Mbak Juni! IYAH AKU NGILER KUPAT TAHUNYA. Tapi tak sanggup kelaperan ngantre wakakakak. Apa itu gg kote, *langsung googling. Sini dong ah ke Bandung, kabarin aja *dih sok kenal*, ntaran makan bareng kita *semangat kalo makan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s