Ngeblog Bermanfaat Bersama Notebook ASUSPRO P2430U

HOW TO CHOOSE MY LAPTOP

Setahun yang lalu laptop saya ketumpahan kopi, keyboardnya jadi hang dan betapa repotnya saya harus membawa portable keyboard kemana-mana. Yang ada sampai tujuan, saya udah kelelahan, pikiran jadi tidak fokus, dan berujung dengan “selamat datang di dunia ngeblog yang suffering“. Masalahnya ‘guns‘ ini menurut saya cukup kompleks. Berbeda jika saya harus berhadapan dengan jadwal yang padat, waktu terkadang bisa dikompromi, hanya butuh mata melek lebih banyak. Namun guns, you must compromise with the cashflow. Oleh karena itu, saya sangat berhati-hati menentukan laptop pilihan yang sesuai dengan kebutuhan, financial, dan tentu saja didukung dengan spesifikasi yang mumpuni.

Sejak tahun lalu, saya mulai mencari guidancehow to choose a laptop‘, membuat list kebutuhan saya, dan mencari referensi spesifikasi laptop yang mewakili kebutuhan dan yang pasti sesuai dengan kepribadian saya. Maka, yang pertama kali saya putuskan dalam list adalah, laptop saya nantinya harus memiliki Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Kenapa? Karena Processor merupakan ‘the brains of your computer” yang paling berpengaruh terhadap performa laptop. Jadi untuk urusan ini, saya memilih prosesor Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7, yang merupakan prosesor paling mutakhir, yang memberikan high ends performance, baik dalam mendukung produktivitas pekerjaan, bahkan untuk game sekalipun. 😉

Setelah masalah prosesor yang tidak tawar-able, saya membuat list sederhana tentang laptop seperti apa yang benar-benar saya butuhkan. Berikut list kebutuhan beserta pertimbangan saya memilih laptop:

  1. Tentukan kegunaan dan tujuan utama memiliki laptop. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan utama untuk menentukan model laptop apa yang kita perlukan. Saya memerlukan laptop untuk keperluan kantor, mengakses internet, sesekali mengedit foto/video, dan sesekali main games.
  2. Memilih ukuran laptop yang tepat. Tentu saja ukuran laptop disesuaikan dengan mobilitas. Saya termasuk orang yang tidak bisa all day long di satu tempat, bukan bosan, tapi memang pekerjaan dan beberapa kegiatan yang mengharuskan saya mobile. Oleh karena itu saya perlu laptop yang ringan, portable, dan mudah ditenteng-tenteng atau diselipkan di tas ‘cewek’, bukan tas laptop yang bulky.
  3. Tentukan spek yang diinginkan. Ada beberapa main component yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop.Selain masalah prosesor di atas, kurang lebih spek yang saya perlukan; RAM minimal 8 GB, display HD, Graphic Chip Nvidia (untuk keperluan video editing dan games).
  4. Pertimbangan Battery Life. Karena mobilitas yang tinggi juga, saya memerlukan laptop yang tidak perlu nyari colokan dimana-mana, yang pasti baterai awet.
  5. Laptop yang kids friendly. Sesekali saya menonton video atau film bersama anak di laptop. Meski frekuensi menonton saya batasi, namun saya harus memastikan bahwa laptop ramah anak, terutama dalam hal kenyamanan mata.

guidances-fix

BLOGGING JOURNEY

Jatuhnya pilihan laptop yang seperti apa tentunya tidak lepas dari perjalanan saya blogging. Saya sebenarnya mulai ngeblog sejak tahun 2009, when i was 21, jadi sudah pasti isinya ya seputaran permasalahan anak muda, curhat, sindir-sindiran, polemik, oke mari kita sebut masa itu dengan sebutan The Days When the ALAY Ruling. Kepanjangan ya? Oke, kita singkat aja jadi TDWAR (singkatan yang rumit 😂). Eh, tapi ga perlu scroling jauh ya di blog ini. SEREM 😶.

Berterimakasihlah dengan waktu, karna TDWAR telah lewat masanya. Tidak hanya barang elektronik, temperamen orang pun punya lifetime period. Maka dengan berakhirnya masa TDWAR, masa aufklärung berkibar. Dari persiapan menikah-hamil-persiapan melahirkan-punya anak, saya belajar banyak dari blog (orang tentunya). Selain ilmu, saya juga belajar tentang how blog bring their informations. Ada blog yang ga sengaja ketemu, tapi karena penyampaian yang enak dan asyik, saya justru menjadi pengunjung setia, bahkan di bookmark. Ada juga blog yang isinya bagus, tapi terlalu panjang, tanpa ada gambar, foto, atau video pendukung, sehingga bagi anak visual seperti saya, cenderung cepat bosan, dan membaca cuma sekilas-sekilas saja.

Memang pada awalnya, blog itu semacam diary pribadi, there’s no rules sehingga saya merasa bebas menuangkan apa saja yang saya inginkan. Namun seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa ngeblog bukan hanya sekadar menuangkan hobi menulis atau menumpahkan uneg-uneg dalam bentuk tulisan. Saat ini dunia netizen menggiring setiap penikmat social media, termasuk blogger menjadi konsumsi masyarakat dunia. Semua bisa dijadikan branding, atau bahkan polemik. Dari situlah, mulailah saya ‘serius’ ngeblog. Tidak hanya menjadikan blog sebagai recycle bin, namun alangkah baiknya jika dapat bermanfaat untuk pembacanya.

slide1

Berawal dari situlah saya mulai serius dan komit untuk menulis hal-hal yang bermanfaat, memberikan informasi seakurat mungkin, meminimalisir konflik, serta berusaha menyampaikannya dengan baik. Informasi yang diterima secara indirect (melalui tulisan) cenderung lebih mudah terdistract penerimaan pada masing-masing individu, oleh karena itu akan lebih baik jika disampaikan dengan clear.

Sadar bahwa tipe pembaca blog itu bermacam-macam, saya mulai memikirkan cara supaya pesan dan informasi yang disampaikan di blog dapat sampai ke semua tipe pembaca. Menurut saya dahulu, konten blog yang bagus itu adalah yang tulisannya menarik, asik, dan lucu. Namun jika memang pas saatnya bukan melucu atau sok asik? Lagipula saya mengaca pada diri saya sendiri bahwa blog yang isinya tulisan semua itu = MEMBOSANKAN. Maka mulailah saya mencari referensi, blog seperti apakah yang menyenangkan, yang asik tapi pesan dan informasinya tetap tersampaikan dengan baik.

Banyak hal yang bisa disisipkan dalam blog supaya kontennya menjadi semakin kreatif. Selama ini saya suka dengan gambar, video, stop motion, atau infografis untuk melengkapi blog saya. Semua itu sangat membantu menjadi semacam jembatan, agar semua kalangan pembaca dengan background edukasi, ilmu, budaya yang berbeda-beda menjadi get the point. Misalnya saja saya sedang bicara financial planning, bagi orang dengan background teknik atau tata boga yang mungkin awam, akan lebih mudah mengerti dengan adanya sisipan gambar/video/infografis. Selain itu, dengan adanya konten kreatif, estetika tampilan blog pun menjadi menarik.

CREATIVE CONTENT

Kebanyakan khalayak salah persepsi dengan konten. Konten bukanlah melulu soal teks dan tulisan. Gambar, grafik, video saat ini pun berkembang menjadi sebuah konten. Bagaimanapun saya setuju dengan Bill Gates, bahwa

Content is a King

Dalam dunia marketing, konten bukanlah hal baru, namun selalu menjadi hal spesifik yang paling diperhatikan. Menurut Teagan West, Head of Marketing and Consumer Acquitition Scrunch, sebuah perusahaan influencer di Australia, pentingnya konten antara lain adalah significant impact pada SEO, encourage engagement and foster a relationship with consumers,  generate new leads and increase sales, menambah value pada brand, dan meningkatkan trafik blog. 

Menyadari peran krusial dari konten, saya mulai mengembangkan blog pribadi supaya menjadi blog yang useful dan interesting. So far saya masih mengolah konten secara sederhana, seperti apa perjalanan pembuatan konten kreatif ala kompormledug.com? Kurang lebih seperti ini.

A. Membuat Outline.

Setahun terakhir saya mulai membuat outline untuk setiap postingan saya, terutama untuk postingan yang bersifat informasi atau review. Poin-poin penting akan saya masukan terlebih dahulu. Bab-bab ditentukan. Media apa saja yang akan saya upload sudah saya list terlebih dahulu. Dengan begitu akan memudahkan saya untuk melakukan pekerjaan apa yang harus dilakukan karena sudah ada to do list.

B. Melakukan Riset.

DSC01959

Melakukan riset dapat dilakukan dengan banyak cara. Tidak perlu penelitian yang rumit di lab atau butuh berhari-hari. Biarlah itu tugas Quality Control dan RD. Yang sederhana pun dapat dilakukan. Bertanya, mencoba langsung, atau interview menjadi beberapa langkah yang ditempuh untuk melakukan riset. Riset pun dapat dilakukan dengan santai, misalnya berjalan-jalan. Jangan lupa bawa kamera, bisa jadi you get the best snap on your journey. Ditemani se-tumbler espreso boleh juga.

Untuk hal riset ini, sebisa mungkin juga untuk menghindarkan dari hal-hal yang bersifat sensitif, atau kontroversial. Untuk menjadi booming atau hits, tidak harus penuh kontroversi kan?

C. Banyak Membaca Online dan Offline.

Mencari data-data akurat dengan membaca. jangan sampai kita menjadi blogger yang salah info, atau bahkan termakan hoax. Sekreatif apapun kontennya, tapi kalau HOAX atau bahkan fitnah, NOTHING. Yang harus selalu diingat juga dalam hal ini adalah etika dan attitude sebagai blogger yang sopan dan bermanfaat :).

Yang harus diperhatikan terutama untuk sumber dari online adalah, pastikan bahwa sumber yang kita gunakan sebagai acuan merupakan sumber yang valid, paling mudah adalah, yang common dan sudah familiar dengan kita.

D. Mengambil Data Pendukung.

Data pendukung dapat berupa apa saja. Gambar, video, infografis, bisa menjadi data pendukung untuk konten kreatif. Untuk proses ini, bisa menggunakan alat apa saja, yang kita punya. Yang tak kalah penting adalah the man behind the guns, paling tidak skill tentang komposisi, mencari angle, atau momen yang ‘berbicara’ juga terus saya pelajari. Kebetulan dahulu saya lebih dahulu bergelut di fotografi amatir sebelum tertarik ke blog.

Alat apa saja yang saya gunakan untuk memperoleh data pendukung? Sebagian besar saya menggunakan kamera handphone. Karena momen bisa terjadi kapan saja, sehingga supaya tetap ter-capture, kamera HP saya paling tidak harus yang clear, meski aparture dan shutter speed yang standar,  namun minim noise dan menghasilkan esposure yang tepat.

Jika memang pas tidak dalam kondisi insidental, saya membawa kamera mirrorless, atau go pro. Dahulu sempat bawa DSLR, tapi untuk alasan kepraktisan dan ringkas, akhirnya lebih memilih mirrorles.

E. Editing dan Posting.

Proses ini bagi sebagian orang dianggap paling membosankan, atau melelahkan, tapi saya justru sangat menikmati saat-saat menyisipkan setiap frame untuk mempercantik video, atau mengatur lighting pada foto. Saking antusias, terkadang saya ngedit video sampai jam 3 pagi, padahal jam setengah 7 paginya harus sudah ngantor lagi hahaha.

Untuk keperluan mengedit, selama ini saya selalu menggunakan aplikasi bawaan dari laptop atau aplikasi di smartphone. Namun semakin kesini, kebutuhan untuk dapat meningkatkan skill dari sisi mengedit semakin besar. Selain untuk keperluan blog, beberapa kali kantor juga memberikan tugas untuk membuta mini movie yang tentu saja memerlukan software desain grafis yang lebih mumpuni.

SEMAKIN BERMANFAAT DENGAN NOTEBOOK ASUSPRO P2430U

Kembali ke perjalanan menemukan pengganti laptop lama. Berdasarkan pertimbangan sebelumnya, dari sekian banyak review dan produk yang menawarkan masing-masing kelebihan, saya berhenti pada satu produk yang beberapa hari ini membayangi saya, yaitu Notebook keluaran ASUS seri ASUSPRO P2430U. Disamping desain dan spek yang menjanjikan, ASUSPRO P2430U juga menciptakan tekhnologi eksklusif, sehingga kemampuan laptop sangat paripurna. It feels like ‘AHA!’.

untitled

Kenapa harus Notebook ASUSPRO P2430U?

Here it is.

A. FAKTOR INTERNAL

  • Desain Solid, Profesional Namun Tetap Elegan

Kembali ke rules guidance saya dalam memilih laptop, bahwa laptop yang saya pilih sebaiknya mewakili kepribadian. Desain yang solid dan simple yet elegance, dengan berat hanya 2.09 kg (sudah termasuk baterai), dengan dimensi 340 x 241 x 23.3 ~26.3 mm (WxDxH), laptop ini memungkinkan untuk dapat ‘diselipkan’ di tas wanita. Hal tersebut mendukung kegiatan dengan mobilitas yang tinggi karena laptop ini sangat portabel.

Tentu saja sebagai seorang perempuan, outlook dari gadget selalu menjadi pertimbangan. ASUSPRO P2430U memiliki desain yang halus, profesional, berbahan alumunium dengan tekstur bergaris.

  • Spesifikasi yang Mutakhir dan Mumpuni

ASUSPRO P2430U telah dilengkapi dengan prosesor Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 (syarat mutlak pertama lulus!). Prosesor ini merupakan prosesor paling mutakhir yang dikeluarkan oleh intel dengan performa yang high end.

logo_asus_isoi_intel-300x99

Selain itu, laptop ini didukung dengan Windows 10 Pro 64 bit DVD. Windows seri in merupakan edisi terbaik dari sekian banyak Windows edisi  10. Kita dapat memutar audio dan video, memotong video, mengakses internet, menggabungkan potongan vido, merekam suara, koneksi dengan TV, menggunakan program antivirus dari Microsoft yang diklaim merupakan antivirus terkemuka di dunia. Tak hanya itu, kita pun dapat menggunakan beberapa software lama.

Mengingat suami yang doyan ngegame, dan sesekali saya juga melakukan video editing, laptop ini menggunakan grafis Nvidia GeForce seri 900 yang dibuat berbasis arsitektur Maxwell yang punya performa grafis mumpuni. Jadi tak perlu khawatir nge-lack saat ngagame maupun mengedit video.

  • Memori dan Storage yang Memadai

Memori utama ASUSPRO P2430U DDR4 2133 MHz sebesar 4GB, dan masih terdapat 2 soket untuk menambahkan memori sebesar 16 GB. Untuk storage, ASUSPRO P2430U sampai dengan 1 TB HDD dan 256 GB SSD. Hal tersebut memungkinkan untuk mendukung kinerja secara multitasking smoothly dan tidak lagi khawatir dengan masalah slot penyimpanan.

  • Adjustable Batery dan SuperBatt Technology

Di ASUSPRO P2430U ini, baterai dapat dilepas-pasang dengan mudah dengan tiga jenis ukuran baterai, yaitu 4 cell, 6 cell, dan 9 cell. Bahkan jika perlu, dapat diganti dengan baterai yang memiliki daya yang lebih bateraitahan lama. Tak hanya itu, jika ingin menambahkan baterai eksternal supaya tidak repot mencari colokan, hal tersebut dapat dilakukan. Notebook Asus Seri P juga memiliki fitur alarm konektor daya yang memberikan warning bagi user apabila ada kerusakan power supply atau jika tiba –tiba terputus, dan meminimalkan risiko shutdowns secara tiba-tiba.

ASUS kini telah hadir memberikan solusi terhadap baterai agar dapat bertahan lebih lama meski berkali-kali di charge, tak perlu lagi khawatir dengan leak baterry. SuperBatt technology ini memberi jaminan baterai yang lebih lama hingga 2,5.

baterai1

  • Multi-gesture touchpad

Guys, waktunya ke tukang loak, menukarkan mouse kita dengan batu akik. Tak perlu lagi touchpadbawa-bawa mouse kemana-mana. Belum lagi kalau mouse sering buat mainan anak, dan hilang entah kemana. Notebook  ASUSPRO P2430U memiliki touchpad dengan multigesture, sehingga memudahkan user dan lebih presisi untuk scroll, memutar, dan zoom.

Hal ersebut karena Notebook  ASUSPRO P2430U didukung dengan ASUS Smart Gesture Technology yang dilengkapi dengan kontrol Windows gesture yang intuitif. Smart gesture juga memiliki teknologi clever palm rejection sehingga hanya jari yang memegang kendali, bukan bagian tangan yang lain. You can do everything only with your fingertip. 

  • Bekerja dengan Efisien dengan 4 port USB

Bagi saya yang memiliki banyak eksternal storage, hal ini sangat membantu. Laptop saya sebelumnya hanya memiliki 2 port USB. Dengan begitu, pekerjaan menjadi lebih efisien, karena tidak perlu lepas-colok USB secara bergantian.Di samping itu, 4 port USB  ASUSPRO P2430U juga didukung dengan   3x USB 3.0 dan 1x USB 2.0. Ucapkan selamat tinggal dengan loading yang lemot :).

Ada lagi kehebatan USB pada  ASUSPRO P2430U ini. USB dapat di-lock dengan password, sehingga orang lain tidak bisa mentransfer maupun mengambil data pribadi dari notebook ASUS P2430 tanpa izin. Harddisk-nya dapat dipassword dengan cara mengaktifkan fitur HDD user password protection. AWESOME.

  • Desain Keyboard yang Ergonomis

Pernah lihat ilustrasi akibat tidak menggunakan keyboard yang tidak ergonomis? Mengerikan! ASUS sangat memikirkan hal sampai sedetai itu. Notebook ASUSPRO P2430U memiliki keyboard yang ergonomis, yang dirancang untuk meningkatkan responsif dan telah diatur untuk berfungsi secara optimal. Kenyamanan menjadi hal utama,  termasuk dalam hal keyboard, ASUS memberikan chiclet design dengan ukuran penuh dan dengan travel distance sekitar 2,3mm. Tak perlu khawatir dengan ‘keyboard jebol’, meski digunakan lebih dari 10 juta kali pengetikan, ASUS memastikan bahwa keyboard ini akan bertahan.

  • ASUS Eyecare Technology

Ini dia, Notebook kids friendly yang saya cari-cari. Kenapa? Karena kehebatan teknologi ASUS terutama dalam memberikan performa panel layar terbaik, akurat, namun tetap melindungi usernya dengan lapisan scratch-resistant coating pada panel LCD-nya dan layarnya dilengkapi dengan fitur anti glare agar layarnya semakin nyaman dipandang mata, tidak membuat mata cepat lelah meski menghabiskan waktu yang panjang di depan laptop. Selain itu, dengan anti glare ini, tidak memantulkan bayangan khususnya dari belakang pengguna

User dapat memilih eyecare mode yang didesain untuk melindungi mata dan menghindari dari Computer Vision Syndrome (CVS), yang antara lain ditunjukan dengan gejala sakit kepala, mata perih, mata merah, bahkan keruskan mata. Kini tak lagi khawatir menonton film bersama anak ‘sedikit’ agak lama dengan notebook ini.

B. FAKTOR EKSTERNAL

  • 2 Years Global Warranty

ASUS tidak bohong soal ini. Dua tahun garansi benar-benar GRATIS. Beberapa vendor malah mengklaim memberikan garansi 3 tahun gratis. Untuk satu tahun pertama diberikan full garansi, 2 tahun berikutnya gratis biaya jasa, hanya tinggal membayar sparepart. Ini dai rinciannya.

garansi.png

  • ASUS memiliki Service Center yang tersebat di Seluruh Indonesia

Tak perlu khawatir denagn urusan aftersale ASUS. ASUS telah memiliki service center yang tersebar di seluruh Indonesia. Saya yang tak lagi tinggal di jakarta pun tak lagi khawatir apabila terjadi kerusakan atau gangguan terhadap notebook ASUS. Di Bandung saja ada 5 tempat service center ASUS. Di kotamu, pasti ada kan..

aftersales

Nah, banyak sekali kan keunggulan ASUSPRO P2430U. Sebenarnya masih seabrek kelebihan dari notebook ini, yang pasti inilah laptop idaman yang saya butuhkan selama ini. Dengan laptop ini, sudah pasti akan memberi warna baru yang lebih semarak dan menarik pada blog saya. Ngeblog semakin  menyenangkan dan bermanfaat bersama ASUSPRO P2430U.

NO MORE DOUBT. Kamu pasti setuju kan?

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

Advertisements

19 thoughts on “Ngeblog Bermanfaat Bersama Notebook ASUSPRO P2430U

  1. Mamak Kinong, ah kamu posting ttg Asus, jadi inget laptop Asus-ku yg hilang membawa serta semua kenangan selama kuliah di Korea… tapi bener lho, laptop yg aku pilih saat itu Asus X402 (lupa, udah move on dari kehilangan) memenuhi semua kriteria laptop yg km sebutkan tadi… 13inch cukuplah untuk wanita halus seperti kita (kita? Gue aja kaliiiiii #eh) ringan pulak, dan hemat di kantong bebeb… tambahan dia touchscreen, keren kan? *kibasrambut* speknya udah jelas cihuy bt keperluan anak kuliah sehari2 dan gaming (aku pro-gamers :p)

    Lalu aku rindu laptop Asus-ku yg hilang digondol maling itu, hiks, (gagal move on jadinya) andai ada aplikasi anti-theft yaa, kaya merk buah A itu lho…

    Anyway, soal blogging, keep up the good work mamak Kinong! Kami tim penggembira selalu mendukungmu (kali aja bisa kecipratan rejeki mamak rempong soleha)

    1. Renchuuu,, ya ampun masih yaaa pake email itu hahahah..
      Ealaahhh.. Kenang sama si anu bukan nih hahahah..
      Wahhh plg sedih kalo data2 sama memori2 yg hilang ya rennn..
      Udah dapet gantinya kan.. Gantinya procesor lucu bertangan pisang 😂😂
      Anw, thanks yaaa darlinggg.. InsyaAllah kalo ada kesempatan kuta saling berbagi (setelah berbagi nama suami, inisial anak, inisial nama, sampe occupation 😂😂)

  2. Kesan pertama, panjang ya bok postnya 😄
    Anyway, emang laptop tuh udah alat utama buat ngeblog yaaaa, lelet dikit, langsung buyar yang mau diketik. Mudah2an segera dapet ganti laptop yang super kece! Aamiin…

    1. Iyes panjang bener, beres nulis eke langsung refleksi 😂😂
      Iya lind, jadinya mah sekarang bergantubg pada pc kantor, karna ngeblog di hp rasanya kurang cetar *halaaah 😂😂😂

  3. Mamak Kinoong,ya ampuun baca postingan kamu jd inget terakhir “ngeblog” alay yg isinya curhat adalah jaman2 awal kuliah,abis itu bubar jalaaann,hahaha
    Tp kalo ganti laptop dgn multi-gesture touchpad itu memang sangat sangat sangat bermanfaat lhoo menurut aku,jauh menghemat waktu dibandingkan pake mouse (terutama krn malas punya spare part terpisah dan memerlukan space khusus)..
    Semoga kamu segera “mendapatkan” laptop impian pengganti yg skrg yaa mamak kinong

    1. mamak mikhaaaa.. kamu kok keinget aja huhuhu sedih ya ALAY banget haha
      iya bener banget mit, males juga kan kadang nggembol mouse yang suka nyelip entah kemana haha..
      AMINNN MITAA.. makasi yaaa

  4. Panjang bener postingannya 😂

    Dulu aku juga kalo mau posting melewati proses panjang spt di atas. Tp hasilnya tetep aja nggal mutu *plak*

    Sekarang mah nggak sempet.. ngeblog (dan blogwalking)pun sesempet (dan seperlunya) aja 😂

    Kalo mau mosting, langsung ketak ketik (lewat hp), review dikit, langsung post.. oya, bagian minim gambar sungguh menohokku lho 😂

  5. Beres baca *olesolesminyakgosok

    Yippiiii kamu multialenta sangat ya bro, pinter merangkai kata sehingga bisa tercipta rangkaian turbulensi kalimat yang saling berkontemplasi lalu menghasilkan 29 my age *tolongsadarkansaya

    Betul banget, dijaman hi-tech sekarang ini diantara begitu banyak pilihan yg diberikan, pertimbangan memilih laptop yg easy to operate juga penting ya buat saya yg masih gaptek.

    Ciayooo bro, keep up the good work!! 💪

  6. Hahahaa semua komennya sama “panjang” 😅😅 eniwei makasih lo ulasannya pas bgt lg survey2 cari laptop idaman gini 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s